Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya melalui strategi guided note taking pada siswa kelas 4 di MI Islamiyah Geluran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Rahmat Afif (2017) Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya melalui strategi guided note taking pada siswa kelas 4 di MI Islamiyah Geluran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (766kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (775kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (879kB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya pemahaman mata pelajaran IPA yang dicapai oleh siswa. Sering kali dalam menerangkan guru menggunakan ceramah dalam pembelajaran. Sehingga siswa pasif dalam menerima pembelajaran. Untuk itu, Peneliti mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dalam pelaksanaan pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Guided Note Taking untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas 4 di MI Islamiyah Geluran?. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya melalui strategi Guided Note Taking pada siswa kelas 4 di MI Islamiyah Geluran?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi Guided Note Taking untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas 4 di MI Islamiyah Geluran. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya melalui strategi Guided Note Taking pada siswa kelas 4 di MI Islamiyah Geluran. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes, lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan strategi Guided Note Taking untuk meningkatkan pemahaman mata pelajara IPA materi benda dan sifatnya kelas 4 MI Islamiyah geluran merupakan strategi yang tepat untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Strategi Hasil presentase keberhasilan lembar observasi siswa dan guru meningkat 5,36% (2) Di siklus I untuk nilai rata-rata kelas mendapat angka 67,05 (Kurang) dan presentasi kelulusan siswa mencapai 43,58% (Kurang), sedangkan di siklus II untuk nilai rata-rata kelas mencapai 81,02 (Baik) dan presentasi kelulusan mencapai 82,05% (Baik). Di siklus I ke siklus II terdapat peningkatan dalam kedua aspek tersebut untuk nilai rata-rata siswa meningkat sejumlah 13,97 dan presentase kelulusan meningkat sejumlah 38,37%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Rahmat Afifrahmat.apyip24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman; mata pelajaran IPA; strategi Guided Note Taking
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Rahmat Afif
Date Deposited: 14 Aug 2017 05:14
Last Modified: 14 Aug 2017 05:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item View Item