Penanaman nilai-nilai karakter bagi anak usia dini fase moralitas heteronom dalam keluarga melalui peran keayahbundaan: studi kasus di PAUD Cahaya Tazkia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noval, Muhamad (2017) Penanaman nilai-nilai karakter bagi anak usia dini fase moralitas heteronom dalam keluarga melalui peran keayahbundaan: studi kasus di PAUD Cahaya Tazkia Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini dilaksanakan berdasarkan masih adanya tindakan amoral di Indonesia, seperti: korupsi, perjudian, tawuran pelajar, kecurangan pelaksanaan ujian nasional, kejahatan seksual. Penelitian ini merupakan upaya melalui proses pendidikan yaitu proses penanaman karakter, yang diberikan pada anak usia dini fase moralitas heteronom yaitu umur 4-7 tahun dalam keluarga, melalui peran keayahbundaan. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan peran keayahbundaan untuk penanaman nilai-nilai karakter bagi anak usia dini fase moralitas heteronom dalam keluarga di PAUD Cahaya Tazkia Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif, sumber data empiris yaitu 5 orang siswa TK Cahaya Tazkia Surabaya beserta ayah dan ibunya, Kepala dan pendidik TK Cahaya Tazkia Surabaya. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Nilai karakter yang dieskplorasi yaitu cinta pada Allah, jujur, disiplin dan tanggung jawab. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu: kredibiltas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ayah dan ibu sangat besar pengaruhnya dalam proses penanaman karakter anak usia dini fase moralitas heteronom. Peran ini meliputi dalam memberikan pengertian suatu nilai karakter yang dijelaskan dalam bentuk simbol-simbol. Juga memberikan penghayatan dari suatu nilai karakter. Peran selanjutnya adalah memberikan keteladanan. Peran berikutnya yaitu mengkondisikan anak dapat membiasakan atau mengimplementasikan suatu nilai karakter. Pemberian sangsi yang tegas dan konsisten memberikan pengaruh nyata dalam proses penanaman karakter. Sangsi yang baik adalah sangsi yang demokratis yaitu sangsi yang dibicarakan bersama dengan anak, dan merupakan kesepakatan antara orang tua dan anak, dan bukan sangsi fisik yang menyakitkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noval, Muhamadmuhamadnoval0707@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Pendidikan karakter; anak usia dini; fase moralitas heteronom; keayahbundaan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noval Muhamad
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:22
Last Modified: 10 Aug 2017 08:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item