Strategi keberlangsungan hidup mantan tenaga kerja Indonesia : studi kasus di Desa Taman Prijek Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayogo, Sholeh (2017) Strategi keberlangsungan hidup mantan tenaga kerja Indonesia : studi kasus di Desa Taman Prijek Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Tenaga Kerja Indonesia merupakan salah satu pahlawan devisa terbesar bagi pendapatan negara Indonesia. Tidak dipungkiri banyak dari mereka yang kemudian ingin mengadu nasib di luar negeri hanya untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Namun, akibat pengetatan hubungan kerja akhir-akhir ini, banyak dari para TKI di luar negeri terpaksa dipulangkan lantaran status kerja mereka adalah illegal. Selain itu, mereka pulang kekampung halaman karena biaya izin kerja yang kian hari kian mahal. Setidaknya itulah yang terjadi di Desa Taman Prijek ketika mereka, Mantan Tenaga Kerja Indonesia ini sudah kehilangan pekerjaan utamanya sebagai TKI di luar negeri. Bagi mereka yang sekembali dari perantauan yang berhasil membawa modal banyak, akan lebih mudah untuk keberlangsungan hidup mereka ketimbang yang pulang dengan tangan hampa. Ada dua rumusan masalah yang dikaji dalam skrisi ini, 1) Bagaimana strategi keberlangsungan hidup mantan Tenaga Kerja Indonesia pasca pulang di Desa Taman Prijek Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan? 2) Mengapa mantan Tenaga Kerja Indonesia memilih untuk pekerjaan tertentu dalam keberlangsungan hidupnya di Desa Taman Prijek Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut meneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling di manadalam menentukan informan telah memiliki kriteria. Dalam metode kualitatif Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan data online. Teori yang digunakan peneliti adalah Mekanisme Survival James C. Scott dan Teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1)Mereka (mantan TKI) dengan berbagai upaya dan segala cara untuk tetap survive demi kebutuhan keluarga mereka. Dengan cara bekerja sampingan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada, seperti menjadi tukang hias pernikahan, ada yang jualan bensin, kuli bangunan dan ada juga yang kembali menjadi petani. Jika sampai tidak ada pekerjaan apapun yang menghasilkan uang bagi mereka maka terpaksa mereka harus utang ke keluarga atau saudara-saudaranya di rumah terdekat. 2) Terdapat berbagai cara dan pilihan bagi mereka untuk bertahan hidup seperti membuka usaha cuci motor, jualan soto ayam, menjadi debkolektor, atau menjadi petani. Bagi mereka yang sudah memutuskan untuk memilih pekerjaan, tentunya mereka mempunyai alasan yang logis dan rasional untuk tetap dikerjakan. Alasan yang paling dapat kita dengarkan adalah karena bagi mereka pilihan tersebut itu menguntungkan bagi mantan TKI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayogo, Sholehsholehprayogo07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Tenaga Kerja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Prayogo Sholeh
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:45
Last Modified: 10 Aug 2017 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item View Item