Representasi visi dan Misi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam lirik lagu mars dan himne : analisis semiotika model Ferdinand de Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Mochammad Hisyam (2017) Representasi visi dan Misi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam lirik lagu mars dan himne : analisis semiotika model Ferdinand de Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja nilai yang menjadi landasan dasar dari visi dan misi UIN Sunan Ampel Surabaya. (2) Bagaimana representasi visi dan misi UIN Sunan Ampel Surabaya yang terkandung pada lirik lagu mars dan himne dengan tujuan yakni (1) Memahami nilai-nilai yang menjadi landasan dasar dari visi dan misi UIN Sunan Ampel Surabaya dan (2) Mendeskripsikan representasi visi dan misi UIN Sunan Ampel Surabaya yang terkandung pada lirik lagu mars dan himne. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif. Metode semiotika yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika dari pemikiran Ferdinand de Saussure. Saussure meletakkan tanda dalam konteks komunikasi manusia dengan melakukan pemilahan antara apa yang disebut signifier (penanda) dan signified (petanda). Eksistensi semiotika Saussure adalah relasi antara penanda dan petanda berdasarkan konvensi, biasa disebut dengan signifikasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif interpretatif. Dari hasil dari penelitian ini ditemukan tiga nilai yag menjadi landasan dasar dari visi dan misi UIN Sunan Ampel Surabaya yakni Cerdas, Berbudi Luhur dan Bermartabat. Kemudian representasi dari visi dan misi yang terkandung dalam lirik lagu mars dan himne dideskripsikan sesuai nilai-nilai apa saja yang terdapat pada masing-masing lagu mars dan himne UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti membuat interpretasi dengan membagi keseluruhan lirik lagu menjadi beberapa bait dan selanjutnya per bait akan dianalisis dengan menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan bahwa penelitian ini hanya terbatas pada nilai dasar visi dan misi yang direpresentasikan pada lirik lagu mars dan himne. Karena itu, peluang yang masih terbuka untuk diadakan penelitian lebih lanjut dapat dikembangkan pada aspek sosial yang nantinya akan didapat hasil penelitian yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Mochammad Hisyamhisyammochammad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Musik
Keywords: Representasi; Visi dan Misi; Semiotika Ferdinand de Saussure
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ramadhan Mochammad Hisyam
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:01
Last Modified: 11 Aug 2017 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item