Pembelajaran pendidikan agama Islam dengan amal keagamaan peserta didik di SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayunimas, Ade Hutami (2017) Pembelajaran pendidikan agama Islam dengan amal keagamaan peserta didik di SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (552kB)

Abstract

Amal keagamaan sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Amal keagamaan mencakup Akidah, Syariah, dan Akhlak. Dalam hal ini orang dapat dikatakan amal keagamaannya baik apabila dalam menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan sumber hukum Islam yakni AlQur’an dan Hadist. Dalam hal ini pembelajaran adalah upaya membelajarkan peserta didik. Dari makna ini, pembelajaran pendidikan agama Islam pada hakikatnya merupakan upaya untuk membentuk peserta didik yang lebih berkualitas yang menjadi hamba Allah (taat beribadah), mengantarkan subjek didik menjadi khalifah Allah fi Al- Ardh, untuk memperoleh kesejahteraan dunia akhirat, yakni sesuai dengan tujuan utama Pendidikan Agama Islam.Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian tentang Korelasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Amal Keagamaan Peserta Didik di SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjo. Dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), bagaimana amal keagamaan peserta didik, serta bagaimana korelasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan amal keagamaan peserta didik di SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjo..Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik statistik korelasi product moment. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi dan 4) Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjobaik yakni hasil angket menunjukkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebesar 76%. Sedangkan amal keagamaan peserta didik di SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjo baik, hal ini bisa dilihat dari angket tentang akhlak peserta didik sebesar 77%. Berdasarkan perhitungan product moment bahwa terdapat korelasi positif antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan amal keagamaan peserta didik menunjukkan tingkat korelasi r sebesar 0,271dan r square (koefisien determinasinya) adalah 0,073. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan amal keagamaan peserta didik sebesar 7,3%. Sedangkan faktor-faktor lain adalah pribadi diri peserta didik, lingkungan keluarga, serta lingkungan masyarakat, dan sebagainya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayunimas, Ade Hutamiade.hutami95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pembelajaran; pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayunimas Ade Hutami
Date Deposited: 11 Aug 2017 01:58
Last Modified: 11 Aug 2017 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item