Korelasi pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Darul Falah 30 dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Sukodono-Sidoarjo

Arwinda, Yuzi Dwi (2017) Korelasi pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Darul Falah 30 dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Sukodono-Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (639kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan salah satu bidang studi yang harus diajarkan baik pada lembaga formal maupun non formal. Diantara lembaga pendidikan agama tersebut, lembaga pendidikan agama non formal , dalam hal ini pondok pesantren yang mutunya tidak kalah baiknya dengan lembaga pendidikan formal atau pendidikan di sekolah karena lembaga pondok pesantren ini hanya memberikan pengetahuan agama islam saja.Sehingga materi pendidikan agama Islam yang diberikan lebih lengkap dan lebih luas. Lengkap memeberikan pengertian bahwa pendidikan agama yang diberikan di pondok pesantren mencakup berbagai materi pelajaran agama islam, sedangakan luas memberi pengertian bahwa materi pelajaran yang diberikan adalah disertai dengan keterangan-keterangan maupun contoh-contoh oleh pengajarnya.Oleh karena itu, untuk mencapai suatu keberhasilan dalam menuntut ilmu agama bagi peserta didik, maka salah satu alternative yang harus ditempuh selain pada lembaga pendidikan formal adalah memasuki lembaga pendidikan non formal yaitu pondok pesantren. Dengan demikian akan dapat saling mengisi kekurangan seorang peserta didik di saat ia menuntut ilmu. Di pondok pesantren setidak-tidaknya dapat membantu keberhasilan seorang peserta didik dalam menempuh prestasi belajar pendidikan agama Islam di sekolah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi kegiatan pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Darul Falah 30 dengan prestasi belajar peserta didik di SMP Sukodono-Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket.. Analisis data untuk uji hipotesis digunakan rumus Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini, yaitu : 1) Pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Darul Falah 30 adalah cukup baik. 2) Prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SLTP Sukodono-Sidoarjo tergolong baik. 4) Berdasarkan analisis data diperoleh hasil= rxy hit lebih kecil dari rxy tab (-0,056 ≤ 0,284). Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti “tidak ada korelasi kegiatan pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Darul Falah 30 dengan prestasi belajar peserta didik”.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mustofa, M.
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwinda Yuzi Dwi
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:28
Last Modified: 11 Aug 2017 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item