Implementasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyawati, Indah (2017) Implementasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (878kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB)

Abstract

Hakikatnya, pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan sebagai proses dan upaya untuk mentranformasikan manusia muda menjadi manusia yang dilekatidengan kemanusiaan sesuai dengan kodratnya, yakni bermanfaat bagi diri, sesama, alam, lingkungan beserta segenapisi dan peradabannya. Tujuan pendidikan adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Ada banyak prasyarat agar dunia pendidikan dapat tumbuh dan berkembang memenuhi tuntutan zaman. Namun satu faktor yang mungkin terbilang paling penting adalah ketersediaan guru. Guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan tidak boleh dipandang sebelah mata. Tenaga pendidik haruslah yang mampu membimbing siswa-siswinya menjadi orang sukses sesuai potensi yang dimilikinya.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi kompetensi pedagogik guru PAI di MAN 1 Sidoarjo ? (2) Upaya apa saja yang dilakukan sekolah guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN 1 Sidoarjo ?
Data-data penelitian ini dihimpun dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Berdasarkan hasil yang diperoleh di lapangan, guru PAI di MAN 1 Sidoarjo telah mengimplementasikan kompetensi pedagogik secara baik dilihat dari proses perencanaan pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran dan pengelolaan sistem evaluasi atau penilaian yang kesemuanya jika dihubungkan dengan peraturan pendidikan dan undang-undang pendidikan sudah sesuai. Adapun upaya-upaya yang dilakukan guru PAI di MAN 1 Sidoarjo untuk senantiasa menjaga kompetensi pedagogik yang dimiliki yakni dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pihak sekolah dan instansi terkait serta adanya sistem evaluasi dari pihak sekolah yang diadakan setiap semester untuk mengetahui kinerja guru-guru yang ada di sekolah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyawati, IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Implementasi; kompetensi pedagogik; guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widyawati Indah
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:07
Last Modified: 11 Aug 2017 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item