Pengembangan media pembelajaran berbasis android mengacu pada tahapan belajar geometri van hiele pada bahasan bangun ruang sisi datar

Hakim, Arif Rahman (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis android mengacu pada tahapan belajar geometri van hiele pada bahasan bangun ruang sisi datar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (606kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB)

Abstract

Tercatat sebanyak 39 % pengguna smartphone merupakan anak muda usia sekolah. Namun, sebagian besar hanya menggunakannya untuk browsing, bersosial media, dan bermain game. Padahal, banyak sekali konten edukasi yang bisa didapatkan dari sebeuah smartphone. Guna menambah pilihan konten edukasi bagi pelajar, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang mengacu pada tahapan belajar geometri Van Hiele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis Android mengacu pada tahapan belajar geometri Van Hiele; (2) kepraktisan; dan (3) keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Android mengacu pada tahapan belajar geometri Van Hiele. Media pembelajaran dikembangkan dengan mengadopsi model pengembangan Sugiyono. Data-data pada penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen penelitian lembar validasi, dan tes hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang diberi nama G-Forest dikembangkan menggunakan 6 tahapan awal dari model pengembangan Sugiyono, yaitu (1) Tahap potensi dan masalah; (2) Tahap mengumpulkan informasi; (3) Tahap desain produk; (4) Tahap validasi desain; (5) Tahap perbaikan desain; (6) Tahap uji coba produk terbatas kemudian dilanjutkan dengan produksi terbatas. Selain itu, penelitian ini menghasilkan media yang praktis karena telah dinilai praktis dilihat dari aspek isi, tampilan, kebahasaan, dan penggunaan. Media yang dihasilkan juga telah dinilai efektif, dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 87,5 %.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Lubab, Ahmad
Uncontrolled Keywords: Media; android
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hakim Arif Rahman
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:57
Last Modified: 11 Aug 2017 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item