Tinjauan hukum Islam dan UU no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap potongan harga pada transaksi jual beli di toko Yosua Wonoayu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Triyanti, Aprilia Aisa (2017) Tinjauan hukum Islam dan UU no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap potongan harga pada transaksi jual beli di toko Yosua Wonoayu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Aisa Triyanti_C72213100.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Tinjauan Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Potongan Harga Pada Transaksi Jual Beli Di Toko Yosua Wonoayu” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktik penetapan potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu, analisis hukum Islam terhadap potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu dan analisis UU No. 8 Tahun 1999 terhadap potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara (interview). Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu pembahasan dimulai dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari lapangan tentang potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu, kemudian dianalisis dengan menggunakan hukum Islam yakni al-bai’ terhadap potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu dan Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yakni jualbeli terhadap potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik potongan harga pada transaksi jual beli di Toko Yosua Wonoayu diantaranya: tidak ada syarat mendapat potongan harga bagi barang yang memiliki petunjuk potongan harga, mendapat potongan bila membeli banyak barang bagi barang yang tidak ada petunjuk potongan harga dan diberikan pada barang-barang stok lama. Tinjauan hukum Islam terhadap sistem potongan harga di Toko Yosua Wonoayu yaitu tidak diperbolehkan karena terdapat unsur-unsur yang dilarang dalam jual beli yaitu tadli>s. Adapuntinjauan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap sistem potongan harga di Toko Yosua Wonoayu yaitu tidak diperbolehkan karena mengandung perbuatan yang dilarang yang berupa mengiklankan suatu barang secara tidak benar. Hal ini berupa adanya sistem harga barang dinaikkan lalu barang diberikan potongan harga yang sebenarnya merupakan harga normal. Dengan demikian, dari kesimpulan di atas maka kepada pemilik toko hendaknya menggunakan sistem potongan harga yang sesuai dengan konsep jualbeli yang benar tanpa adanya unsur unsur yang dilarang dalam Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Agar tidak ada pihak yang dirugikan dan tidak menimbulkan perselisihan di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Triyanti, Aprilia Aisaaprilia.harsono@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen; Potongan harga; Toko Yosua Wonoayu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Triyanti Aprilia Aisa
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:05
Last Modified: 27 Feb 2019 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item