Sufisme Transformatif: studi sosiologis Komunitas Maiyah Bangbang Wetan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riefa'ie, Ach. Roeslan (2017) Sufisme Transformatif: studi sosiologis Komunitas Maiyah Bangbang Wetan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ach. Roeslan Riefa'ie_B75213032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berfokus pada pola sufisme dalam modernitas ini merupakan penelitian sosiologis yang menitik beratkan penolakan bahwa agama sekaligus spiritual yang ada di masyarakat merupakan penghambat laju roda zaman, bukan hanya berhenti disitu penelitian ini yang menyuguhkan dialektis sebagai analisis tajam terhadap keberadaan tuduhan bahwa spiritualitas khususnya dan agama Islam pada umumnya adalah salah satu penghambat modernitas. Hasil kajian atas komunitas Bangbang Wetan sendiri begitu menegaskan seberapa penting arti spiritualitas dalam kehidupan social, melalui dialektika yang digagas Hegel yaitu tesis, dan antithesis dan sintesisnya penelitian ini menyampaikan pesan atas ketimpangan-ketimpangan keberagamaan dalam dunia modernitas, melalui dialektika Hegel, penelitian ini menyimpulkan tesis dialektisnya adalah bahwa modernitas sendiri berada pada keadaan dimana krisis spiritualitas berlangsung, sedangkan untuk antitesinya adalah bahwa spiritualitas merupakan penghambat modernitas sendiri dimana dalam gagasan Aguste Comte yang menyatakan hokum tiga tahapnya yang memposisikan manusia modern pada tahapan positifis. Yang merupakan pemaknan tahapan spiritual dalam diri masyarakat sendiri juga akan terkikis sedikit demi sedikit. Sedangkan sintesisnya sendiri merupakan integritas antar kedua tesis dan antithesis diatas dimana sintesis ini akan dijelaskan lebih mendasar dalam tulisan ini, dan sufisme transformative sendiri hadir sebagai sintesis kedua pertanyaan mendasar antara tesis dan antithesis diatas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riefa'ie, Ach. Roeslanpaiwaskito@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Sufisme; Transformasi dan Dialektika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Riefa'ie Ach. Roeslan
Date Deposited: 05 Mar 2019 05:21
Last Modified: 05 Mar 2019 05:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item