Tinjauan hukum Islam terhadap reasuransi pada tabungan investasi di bank Syariah Bukopin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Alivia Nur Safira (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap reasuransi pada tabungan investasi di bank Syariah Bukopin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan (field research) yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana aplikasi reasuransi pada tabungan investasi di Bank Syariah Bukopin Sidoarjo. Dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap reasuransi pada tabungan investasi di Bank Syariah Bukopin Sidoarjo. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan mendiskripsikan masalah yang ada pada aplikasi reasuransi pada tabungan investasi di Bank Syariah Bukopin Sidoarjo, serta menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam aplikasi reasuransi pada tabungan investasi di Bank Syariah Bukopin Sidoarjo dimana masing-masing tabungan investasi iB Rencana memperoleh proteksi asuransi jiwa. Bank bekerja sama dengan perusahaan asuransi yaitu PT Panin Dai-ichi Life. Obyek pertanggungan pada produk Tabungan Investasi iB Rencana adalah seluruh nasabah Tabungan Investasi iB Rencana. Premi setiap bulannya ditanggung oleh Bank Syariah Bukopin tanpa mengurangi dana nasabah. Premi tersebut diambilkan dari keuntungan Bank Syariah Bukopin selama 1 (satu) bulan. Setelah ditinjau dari hukum Islam tehadap Reasuransi pada tabungan investasi adalah dibolehkan, karena asuransi tersebut fasilitas untuk nasabah yang bersifat sosial dan atas dasar tolong-menolong, akad yang digunakan jelas serta tidak ada hal-hal yan membuatnya diharamkan, baik dalam bentuk perjanjian, proses pemberian, maupun konsep yang diterapkan. Adapun ketentuan berakhirnya Proteksi Asuransi Jiwa tidak bertentangan dengan hukum Islam karena perjanjian tersebut menguntungkan kedua belah pihak. Sejalan dengan kesimpulan diatas seharusnya Bank Syariah Bukopin lebih meningkatkan kembali pelayanannya. Dan tetap melakukan transaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Alivia Nur Safiraalivianursafirawardani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Uncontrolled Keywords: Reasuransi; Bank; Tabungan Investasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Wardani Alivia Nur safira
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:38
Last Modified: 10 Aug 2017 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item