Model komunikasi Sibernetika dalam konteks konseling perkawinan di Karangrejo Kecamatan Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muqorrobin, Moch. Misbah (2017) Model komunikasi Sibernetika dalam konteks konseling perkawinan di Karangrejo Kecamatan Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Misbah Muqorrobin_B53213056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Satu tanggung jawab utama yang dimiliki para anggota keluarga terhadap satu sama lain adalah ‘berbicara’ -meliputi unsur-unsur komunikasi verbal dan nonverbal- dengan cara-cara yang akan berkontribusi bagi pengembangan konsep diri yang kuat bagi semua anggota keluarga. Maraknya fenomena konflik keluarga yang disebabkan cinta dan i’tikad baik yang tidak dikomunikasikan dengan baik mendorong peneliti untuk mengkaji lebih dalam tentang problematika keluarga yang semakin kompleks dan treatment yang pantas untuk diberikan. Untuk menangani problem pada keluarga, peneliti menggunkan teori komunikasi sibernetika yang merupakan cabang dari teori sistem yang memfokuskan diri pada putaran timbal balik dan proses-proses kontrol. Cybernetics (sibernetika) merupakan tradisi yang membahas mengenai suatu sistem yang kompleks dimana berbagai elemen yang terdapat di dalamnya saling berinteraksi dan saling mempengaruhi, seperti halnya keluarga. Untuk mengetahui lebih dalam, peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) untuk menghasilakan produk tertentu melalui penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan kemudian menguji keefektifannya agar dapat menghasilkan produk yang berdaya guna bagi kehidupan masyaraat luas, dan produk ini bersifat preventif. Melalui penelitian ini, bisa dilihat bagaimana hasil penerapan komunikasi sibernetika dalam konteks konseling perkawinan dan seberapa efektifkah komunikasi sibernetika dalam konteks konseling perkawinan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa hasil penerapan pelatihan komunikasi sibernetika dalam konteks konseling perkawinan dikategorikan cukup berhasil dengan hasil prosentase 70 % dengan standart 50 % - 75 %. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap dari klien yang mulai membaik. Sedangkan keefektifan produk, berdasarkan data tim uji ahli diperoleh hasil akhir 85,7% dengan menggunakan rumus P = f/n x 100%. Dengan demikian, paket yang dirancang oleh peneliti memenuhi standar uji dengan kategori sangat tepat dan tidak direvisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muqorrobin, Moch. Misbahmisbah.mq@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi Islam
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Komunikasi Sibernetika; konseling perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muqorrobin Moch. Misbah
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:58
Last Modified: 04 Mar 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19025

Actions (login required)

View Item View Item