Analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan tes kesehatan pra nikah bagi calon mempelai laki- laki di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

Aprilia, Hana Ayu (2017) Analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan tes kesehatan pra nikah bagi calon mempelai laki- laki di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana pelaksanaan tes kesehatan pra nikah bagi calon mempelai laki-laki di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto? Dan Bagaimana analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan tes kesehatan pra nikah bagi calon mempelai laki-laki di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto? Untuk mempermudah penelitian ini, maka data-data yang diambil antara lain menggunakan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara dari calon pengantin, Kepala KUA, dan bidan setempat. Selain itu juga menggunakan cara observasi, dokumentasi dan telaah pustaka yang kemudian diolah dengan cara editing, organizing dan kemudian dianalisis menggunakan kaidah-kaidah dan dalil-dalil yang berkaitan dengan teknik kualitatif deskriptif dengan pola piker induktif untuk memperjelas kesimpulannya. Hasil penelitian menyimpulakan bahwa pemeriksaan tes kesehatan pra nikah hanya dilakukan kepada calon mempelai laki-laki. Seharusnya pemerikasaan tersebut dilakukan secara intens, nyatanya tidak pernah dilakukan. Pihak Puskesmas hanya bertanya secara global mengenai riwayat penyakit calon pengantin, tinggi badan dan berat badan calon pengantin. Hukum pelaksanaan tes kesehatan pra nikah dalam Islam adalah dibolehkan (mubah). Tes kesehatan pra nikah termasuk dalam kemaslahatan yang sifatnya hajiyyat. Hal ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk memudahkan dalam menjaga keturunan (hifz al-Nasl). Sejalan dengan kesimpulan di atas, disarankan agar pemeriksaan kesehatan pra nikah dilakukan oleh kedua calon pengantin. Mengingat begitu banyaknya manfaat yang didapat dari pemeriksaan kesehatan tersebut, yang salah satunya adalah mencegah penularan penyakit. Sesuai dengan ungkapan “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Hendaknya pemerintah juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan jalan meringankan biaya pemeriksaan kesehatan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Candrawati, Siti Dalilah
Uncontrolled Keywords: Tes Kesehatan Pra Nikah; Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Islam
Kesehatan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Aprilia Hana Ayu
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:21
Last Modified: 10 Aug 2017 06:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item