Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior menggunakan Assertive Training untuk mengatasi perilaku introvert: studi kasus siswi XI IPS MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosalia, Puput (2017) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior menggunakan Assertive Training untuk mengatasi perilaku introvert: studi kasus siswi XI IPS MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (845kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Behavior menggunakan Assertive Training untuk mengatasi perilaku Introvet Seorang siswi di Sekolah MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo? (2) Bagaimana Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Behavior menggunakan Assertive Training untuk mengatasi perilaku Introvet Seorang siswi di Sekolah MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus yaitu berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Disini penulis menjelaskan tentang bagaimana Bimbingan dan Konseling Islam menggunakan terapi behavior dengan Assertive Training untuk mengatasi perilaku Introvet seorang siswa di Sekolah MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo yaitu siswa yang mengalami masalah pada perilaku introvetnya baik di lingkungan rumah maupun dilingkungan sekolahnya. Sehingga dari perilakunya yang introvet itu siswa mengalami a) Jarang pergi ke kantin bersama dengan teman kelasnya. b) Susah diajak berbicara dengan teman maupun guru. c) Cenderung Pendiam. d) Tidak mempunyai teman bermain dirumah. e) Lebih senang bermain sendiri daripada dengan temannya. Oleh karena itu, siswa tersebut tidak mempunyai teman baik di sekolah maupun dirumah dan selalu tertutup. Pada proses pelaksanaan konseling ini menggunakan Terapi behavior dengan Assertive Training melalu proses bermain peran. Dalam bermain peran ini ada tiga karakter untuk dimainkan, yaitu 1) siswa yang suka bertanya. 2) Siswa yang suka berorganisasi 3) Pemimpin dalam bermain teka – teki. Dalam menjalani proses konseling klien harus memerankan tiga karakter yang sudah ditentukkan untuk bermain peran. Setelah melakukan proses konseling klien sudah merasa lebih baik dan mempunyai teman untuk diajak pergi ke kantin dan mengobrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terapi Behavior dengan Assertive Training untuk mengatasi perilaku Introvet pada siswa di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo dikatakan berhasil karena perubahan yang dialami klien sudah terlihat dengan berkumpul dan berkomunikasi dengan teman – temanya. Dan hasil akhir dari proses konseling ini dapat dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosalia, PuputPu2t.ochalia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Keywords: Terapi behavior; teknik Assertive Training; perilaku introvet
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rosalia Puput
Date Deposited: 09 Aug 2017 07:58
Last Modified: 09 Aug 2017 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19000

Actions (login required)

View Item View Item