Pengurangan risiko bencana tanah longsor dengan membangun kesiapsiagaan masyarakat berbasis kelompok arisan RT di Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Nina Awalia (2017) Pengurangan risiko bencana tanah longsor dengan membangun kesiapsiagaan masyarakat berbasis kelompok arisan RT di Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Awalia Safitri_B92213066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya pengurangan risiko bencana (PRB) tanah longsor di Desa Depok. Tujuan dari PRB tanah longsor adalah sebagai langkah meningkatkan kapasitas dan menurunkan kerentanan masyarakat dalam menghadapi dan mengelola bencana dan dampak yang ditimbulkannya. Faktor belum adanya pendidikan tentang PRB, belum adanya inisiasi dalam pembentukan kelompok PRB dan belum adanya advokasi kebijakan tentang implementasi program PRB oleh pemerintah desa menjadi akar masalah yang telah terpetakan.Pendekatan penelitian dan pendampingan ini menggunakan metode PAR (Particpatory Action Research). PAR merupakan kegiatan kolaboratif antara peneliti dengan komunitas untuk melakukan riset bersama, merumuskan masalah, menyusun strategi pemecahan masalah, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Mengingat bencana adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan, sehingga pandangan masyarakat mengenai isu kebencanaan harus dirubah. Juga mengajak masyarakat agar dapat mengelola bencana secara menyeluruh baik pada masa sebelum, pada saat terjadi, dan setelah kejadian bencana. Pergeseran pandangan yaitu dari bersifat memberi tanggapan (responsif) menjadi pencegahan (preventif), dari urusan pemerintah menjadi partisipatif masyarakat, dari tanggung jawab beberapa sektor menjadi tanggung jawab berbagai sektor, dan dari pola menangani dampak menjadi mengurangi risiko.Hasil dari penelitian dan pendampingan ini adalah terbangunnya kesadaran masyarakat Desa Depok tentang PRB, terbentuknya Kelompok Tangguh Bencana Desa Depok sebagai transformasi kelompok arisan RT dan rencana program tentang upaya PRB oleh pemerintah Desa Depok. Sehingga kegiatan pengurangan risiko bencana (PRB) yang ideal baik di tingkat pusat maupun di daerah menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dapat diimplementasikan di Desa Depok. Sehingga terciptalah masyarakat yang siap siaga dan tangguh terhadap bencana tanah longsor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Nina Awalianinaawalia65@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Uncontrolled Keywords: PRB; Tanah Longsor; Siaga Bencana.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Safitri Nina Awalia
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:39
Last Modified: 01 Mar 2019 09:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item