Membangun kemandirian anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) "Bukit Rimba" Utama Desa Parakan Kecamatan Trenggalek Kebupaten Trenggalek melalui pengembangan usaha tani bersama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khashany, Missbakh (2017) Membangun kemandirian anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) "Bukit Rimba" Utama Desa Parakan Kecamatan Trenggalek Kebupaten Trenggalek melalui pengembangan usaha tani bersama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Missbakh Khashany_B02213031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemandirian merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Karena masyarakat sebagai makhluk sosial yang bersifat dinamis, membutuhkan kemandirian yang salah satunya dalam aspek perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan yang layak. Dalam skripsi ini membahas tentang permasalahan kemiskinan masyarakat petani hutan, faktor-faktor penyebab kemiskinannya dan juga upaya pendampingan dan pengorganisiran terhadap masyarakat petani hutan Desa Parakan dengan tujuan agar masyarakat petani hutan dapat terentaskan dari kemiskinan. Pendekatan yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR) yaitu melakukan penelitian bersama-sama dengan masyarakat dengan proses pemetaan partisipatif, inkulturasi, pencarian dan pengenalan masalah, pengorganisiran masyarakat, menyusun strategi pemberdayaan, pelaksanaan aksi perubahan, dan melakukan analisis dan refleksi. Dalam penelitian pemberdayaan ini peneliti menggunakan pemimpin lokal yang disegani dan dipercaya oleh masyarakat untuk melancarkan proses-proses pemberdayaan bersama-sama dengan masyarakat. Aksi-aksi program yang diupayakan untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat petani hutan tersebut yaitu dengan mengembangkan usaha tani bersama dalam bidang pengelolaan pertanian di bawah tegakan (bertani dan melestarikan hutan) melalui Sekolah Tani Hutan –Pendidikan pola pertanian di lahan kering– , pengelolaan hasil panen jagung, dan pemasaran produk olahan hasil pertanian jagung. Kemudian dalam riset aksi partisipatoris ini mampu untuk melakukan transformasi sosial masyarakat dalam hal peningkatan perekomian masyarakat dan juga penjagaan atas kelestarian lingkungan hutan Desa Parakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khashany, Missbakhhanykhashany@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pengorganisiran; Petani Hutan; Usaha Tani Bersama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khashany Missbakh
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:30
Last Modified: 04 Mar 2019 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item