Perilaku beragama masyarakat urban di kawasan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfina, Citra (2017) Perilaku beragama masyarakat urban di kawasan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Citra Alfina_E02213005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan, yaitu: Pertama, mengapa kaum urban memilih kawasan Ampel sebagai tujuan hidup. Kedua, bagaimana perilaku beragama masyarakat urban di kawasan Ampel Surabaya baik secara vertical maupun horizontal. Dan ketiga, bagaimana perkembangan masyarakat urban di kawasan Ampel Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penulis untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah itu penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan, yaitu etnis Arab, Jawa dan Madura. Selain itu juga kegiatan sosial maupun keagamaan yang berupa peringatan hari besar Islam dan keadaan atau situasi yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tujuan masyarakat urban tinggal di kawasan Ampel ialah untuk berdagang sekaligus berdakwah. Setelah perdagangan dikuasai oleh etnis Arab, kemudian penduduk dari berbagai daerah, khususnya penduduk desa, merasa tertarik dengan keadaan perekonomian di kawasan Ampel, akhirnya terjadilah urbanisasi secara besar-besaran. Kedua, perilaku beragama masyarakat urban secara vertical sama dengan masyarakat Islam pada umumnya yakni, melakukan sholat, puasa, haji, kurban dan sebagainya yang berhubungan dengan Sang Pencipta. Dan secara horizontal, etnis Arab berusaha untuk menunjukkan identitasnya, tidak hanya kepada orang lain diluar etnis mereka namun juga dilakukan kepada keluarga lain dari golongan mereka. Untuk hubungan dengan masyarakat lokal, terjalin dengan baik dan harmonis. Dan ketiga, perkembangan masyarakat urban yang dulu masih melestarikan budaya nenek moyang mereka terdahulu, kini mereka sudah dapat berbaur dengan budaya masyarakat lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfina, Citracitraalfina0@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Perilaku; urban; berdagang
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Alfina Citra
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:11
Last Modified: 25 Feb 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item View Item