Sistem pengelolaan dana jaminan dan pembayaran klaim pada PT. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto ditinjau dari perspektif manajemen keuangan syariah

A'yuun, Kurrota (2017) Sistem pengelolaan dana jaminan dan pembayaran klaim pada PT. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto ditinjau dari perspektif manajemen keuangan syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (775kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Sistem Pengelolaaan Dana Jaminan dan Pembayaran Klaim pada PT. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto Ditinjau dari Perspektif Manajemen Keuangan Syariah”. Penelitian ini bersifat kualitatif dan bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis apakah sistem pengelolaan dana jaminan dan pembayaran klaim di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto sesuai dengan teori manajemen keuangan syariah. Peneliti mengkaji bagaimana BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto mengelola dana jaminan yang begitu besar dan selalu berupaya melayani pembayaran klaim dengan cepat. Dengan adanya hal itu maka penulis ingin menganalisis sistem pengelolaan dana jaminan BPJS Ketenagakerjaan dan pembayaran klaimnya dengan menggunakan teori manajemen keuangan syariah. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis memiliki rumusan masalah: 1) Bagaimana sistem pengelolaan dana jaminan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto ditinjau dari perspektif manajemen keuangan syariah, 2) Bagaimana pembayaran klaim BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto ditinjau dari perspektif manajemen keuangan syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bisa dikatakan pengelolaan dana BPJS Ketenagakerjaan hampir sesuai dengan manajemen keuangan syariah. Hal itu dapat dilihat dari prinsip-prinsip muamalah yang ada dalam ketentuan manajemen keuangan syariah. Dan proses pembayaran klaimnya telah memenuhi konsep keadilan distribusi. Dikarenakan adanya kesesuaian dengan sistem keuangan syariah, dengan begitu BPJS Ketenagakerjaan memerlukan adanya unit syariah, karena hampir keseluruhan transaksinya sama dengan takaful/asuransi syariah. Dibarengi dengan menginvestasikan dananya di saham syariah, deposito pada bank syariah, dan obligasi syariah (sukuk).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BPJS Ketenagakerjaan; manajemen keuangan
Subjects: Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsEmail
A'yuun, Kurrotaakurrota@gmail.com
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: A'yuun Kurrota
Date Deposited: 09 Aug 2017 07:47
Last Modified: 13 Dec 2018 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18931

Actions (login required)

View Item View Item