Pemberdayaan petani berbasis kelompok wanita tani dari rendahnya pendapatan sektor pertanian di Dusun Banaran Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyak, Yusuf (2017) Pemberdayaan petani berbasis kelompok wanita tani dari rendahnya pendapatan sektor pertanian di Dusun Banaran Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bab 7.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Bab 8.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Bab 9.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan masyarakat petani di Dusun Banaran Desa Depok yang mengalami ketergantungan dengan penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia. Akibat pola pertanian seperti ini, ekonomi mereka pada sektor pertanian tergolong rendah, selain itu jenis tanaman yang berkualitas rendah menjadikan hasil yang diperoleh juga rendah. Hal ini terjadi karena salah satu faktor minimnya keterampilan untuk memanfaatkan potensi alam disekitar mereka. Pada kegiatan pendampingan ini, peneliti menggunakan metode penelitian Partcipatory Action Research (PAR). Metode pendekatan yang lebih mengedepankan partisipasi masyarakat sebagai subjek perubahan, awal kegiatan yaitu mulai dari pengolahan data, melakukan aksi perubahan sampai dengan evaluasi. Sehingga ketika pendamping sebagai fasilitator sudah tidak berada bersama mereka, diharapkan permasalahn-permasalahan yang terjadi dikalangan mereka dapat diselesaikan secara mandiri tanpa bergantung pada pihak luar. Pendamping ingin membantu masyarakat petani untuk merubah pemikiran mereka yang menginginkan hasil pertanian tinggi tapi tidak melihat akibat dari penggunaan bahan kimia itu. Dan menyadarkan mereka bahwa selama ini ekonomi mereka telah diserap oleh pihak luar. Untuk memudahkan proses pendampingan, lembaga kelompok tani dilibatkan sebagai wadah berkumpulnya subjek pendampingan untuk proses belajar ini. Kegiatan pemberdayaan dilakukan melalui pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida dari bahan alami sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan mereka, mulai pertemuan untuk belajar bersama mengetahui dari kegunaan potensi yang mereka punyai untuk keberlangsungan pertanian mereka. Mulai dari kotoran kambing dan sapi diolah menjadi pupuk organik, dan tumbuhan-tumbuhan sekitar diolah menjadi pestisida alami. Dan hasilnya, masyarakat petani mulai memahami akibat dari penggunaan pupuk kimia, dan beralih dengan mengkombinasikan bahan alami sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan pertanian mereka, dan meminimalisir pengeluaran sehingga pendapatan bisa lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyak, Yusufyusufauliyak@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Hama, Pembasmian
Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Petani; Pendapatan Rendah; Ketergantungan; Pelatihan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Auliyak Yusuf
Date Deposited: 09 Aug 2017 07:02
Last Modified: 09 Aug 2017 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item