Soluction focused brief therapy (SFBT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada seorang anak di Desa Semambung Kecamatan Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Erlinda Intan Dyah (2017) Soluction focused brief therapy (SFBT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada seorang anak di Desa Semambung Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (565kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Seorang Anak di Desa Semambung, Kecamatan Gedangan Sidoarjo?, (2) Bagaimana hasil proses pelaksanaan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Seorang Anak di Desa Semambung, Kecamatan Gedangan Sidoarjo ? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik analisa deskriptif komparatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan. Disini penulis menjelaskan tentang bagaimana proses Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Seorang Anak di Desa Semambung, Kecamatan Gedangan Sidoarjo yang seharusnya setiap anak memiliki motivasi belajar yang tinggi agar tercapai cita-citanya. Faktor internal yaitu faktor yang timbul dari dalam dirinya sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari luar seperti kondisi lingkungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam motivasi yang rendah ini konseli merasa tidak diperhatikan oleh orang tua nya yang sibuk bekerja dari pagi samapai dengan malam hari tidak ada waktu untuk belajar bersama konseli ini dan konseli lebih suka bermain dengan teman-tamannya maupun saudanya sendiri baik dirumah maupun diluar rumah. Pada proses konseling dengan menggunakan Solution Focused Brief Therapy (SFBT), konselor hanya melatih agar konseli bisa belajar secara mandiri tidak bergantung kepada ayahnya lagi yang bekerja dari pagi sampai malam hari dengan belajar bersama memberikan PR dan memberikan motivasi agar anak ini mempunyai motivasi belajar dan bisa mencapai cita-citanya. Dengan SFBT ini klien dapat lebih dekat dengan konselor jdai konselor dapat dengan mudah mengajak atau memberikan arahan kepada klien agar meningkatkan motivasi belajar. Klien mengatakan bahwa dirinya ingin lebih semangat belajar agar bisa tercapai cita-citanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Seorang Anak di Desa Semambung, Kecamatan Gedangan Sidoarjo dan hasil akhir dari proses konseling ini dapat dikatakan cukup berhasil karenagejala-gejala yang dialami sudah mulai ada perubahan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Erlinda Intan Dyaherlindaintandyah@rocketmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Keywords: solution focused brief therapy; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puspita Erlinda Intan Dyah
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:47
Last Modified: 09 Aug 2017 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item