Profil literasi finansial siswa dalam memecahkan masalah aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan status sosial ekonomi orang tua

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'udah, Itsna Lailatul (2017) Profil literasi finansial siswa dalam memecahkan masalah aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan status sosial ekonomi orang tua. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (636kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (862kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (21MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Literasi finansial adalah kemampuan untuk memahami pengetahuan dan keterampilan mengelola sumber daya keuangan. Siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua yang berbeda memiliki literasi finansial yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi finansial siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah aritmatika sosial yang ditinjau dari perbedaan status sosial ekonomi orang tua tinggi, status sosial ekonomi orang tua sedang, dan status sosial ekonomi orang tua rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 subjek siswa berstatus sosial ekonomi orang tua tinggi, 2 subjek siswa berstatus sosial ekonomi orang tua sedang, dan 2 subjek siswa berstatus sosial ekonomi orang tua rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator tiap level kemahiran literasi finansial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswayang memiliki status sosial ekonomi orang tua tinggi dalam memecahkan masalah aritmatika sosial memiliki literasi finansial yang paling tinggi (memenuhi 19 indikator dari kelima level kemahiran literasi finansial) di antara siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua sedang dan rendah. Siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua sedang dalam memecahkan masalah aritmatika sosial memiliki literasi finansial yang paling rendah (hanya memenuhi 13 indikator dari kelima level kemahiran literasi finansial) di antara siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua tinggi dan rendah.Siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua rendah dalam memecahkan masalah aritmatika sosial memiliki literasi finansial yang lebih tinggi (memenuhi 16 indikator dari kelima level kemahiran literasi finansial) dari pada siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'udah, Itsna Lailatulitsnalm211112@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: literasi finansial; status sosial ekonomi; aritmatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mas'udah Itsna Lailatul
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:22
Last Modified: 09 Aug 2017 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18883

Actions (login required)

View Item View Item