Pemberdayaan peternak sapi perah melalui Kelompok Ternak Lembu Sejahtera dalam menghadapi kerentanan pakan musim kemarau di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Anggun (2017) Pemberdayaan peternak sapi perah melalui Kelompok Ternak Lembu Sejahtera dalam menghadapi kerentanan pakan musim kemarau di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (556kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 8.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Bab 9.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (655kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya pendampingan kelompok ternak sapi perah dalam mengatasi lemahnya kemampuan peternak dalam mengembangkan peternakan sapi perah. Problem yang muncul pada peternak sapi adalah tidak memiliki keterampilan dalam mengolah pakan yang ekonomis, mengolah limbah ternak, mengolah susu sapi perah, dan tidak efektifnya kelompok ternak. Tujuan dari pemberdayaan ini untuk menemukan strategi dalam meningkatkan kehidupan perekonomian peternak sapi perah. Selain itu juga menciptakan inovasi-inovasi pengolahan yang mudah dan sederhana guna meningkatkan kemandirian peternak Desa Dompyong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Participatory Action Research (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya PAR adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan. Langkah untuk melakukan perubahan antara peneliti dengan komunitas dimulai dari membangun kepercayaan, melakukan pendekatan awal, melakukan riset bersama untuk menemukan problem komunitas hingga melakukan aksi dan evaluasi. Pendampingan yang dilakukan peneliti bersama komunitas yakni melakukan inovasi dalam pemanfaatan rumput gajah saat musim penghujan melalui kegiatan pembuatan fermentasi pakan (silase) dalam menghadapi kerentanan penghijauan di musim kemarau. Dengan pemanfaatan limbah ternak melalui kegiatan pembuatan pupuk organik, dapat mengurangi ketergantungan masyarakat akan penggunaan pupuk kimia. Selain itu memberikan pengetahuan dan inovasi dalam pengolahan susu yang dimanfaatkan menjadi permen susu guna hasil susu sapi tersebut tidak disetor dalam bentuk mentah serta meningkatkan pendapatan peternak. Penguatan kelompok melalui pemahaman pembagian peran dalam kelompok ternak bermanfaat untuk meningkatkan keefektifitasnya kelompok ternak. Dengan serangkaian kegiatan untuk mengatasi permasalahan peternak, maka hasil yang didapat yakni meningkatnya kesadaran dan keterampilan peternak yang ada di Desa Dompyong sehingga menjadikan peternak mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Anggunanggunwulan695@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; Kemandirian; Peternak; Sapi Perah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wulandari Anggun
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:48
Last Modified: 10 Aug 2017 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item