Organisasi ekstra kampus: studi tentang hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasi'in, Mu'tin (2017) Organisasi ekstra kampus: studi tentang hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap fenomena organisasi ekstra kampus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), khususnya di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fenomena mengikuti dan berproses di dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menjalar keseluruh kampus dan merubah kebudayaan mahasiswa saat ini. Dari fenomena tersebut muncul sebuah bentuk hegemoni yang membentuk sebuah pola hegemoni dan memberikan dampak. Oleh karena itu, masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Bentuk dan Dampak Hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya?.Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan teori Hegemoni. Teori Hegemoni Antonio Gramsci berusaha menjelaskan kepemimpinan melalui intelektual dan moral. Karena itu hegemoni pada hakekatnya adalah upaya untuk menggiring orang agar menilai dan memandang problematika sosial dalam kerangka yang telah ditentukan. Teknik mengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara dan studi dokumenter. Data dilakukan pemeriksaan keabsahannya, lalu dilakukan penyajian sekaligus analisis data sebelum dilakukan penarikan kesimpulan.Dari penarikan kesimpulan data yang diperoleh, ada beberapa bentuk hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang dapat dijelaskan yaitu hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), pengontrolan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dominasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan ideologi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Keseluruhan bentuk tersebut membentuk pola proses hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di kalangan mahasiswa. Selain itu hegemoni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) juga memberikan dampak positif dan negatif bagi mahasiswa. Dampak positifnya yaitu: melatih sifat leadership, memperluas jaringan atau networking, belajar mengatur waktu dan mengasah kemampuan sosial. Sedangkan dampak negatifnya yaitu mahasiswa mengikuti organisasi ekstra kampus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) digunakan sebagai alasan bolos kuliah sehingga mahsiswa tersebut telat lulus kuliah akibat banyaknya mata kuliah yang tidak lulus karena sering bolos kuliah. hal tersebut karena tidak adanya manajemen waktu yang baik, yang bisa mengatur dan menyeimbangkan antara waktu kuliah dengan waktu berorganisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasi'in, Mu'tinadhipatizhiin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Sosiologi
Keywords: Hegemoni; PMII; Mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: NASI'IN MU'TIN
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:26
Last Modified: 09 Aug 2017 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item