Tinjauan hukum islam terhadap jual beli kepala kijang sebagai hiasan dan kulit kijang sebagai jimat di Desa Gedangan Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Evi Rohmawati (2017) Tinjauan hukum islam terhadap jual beli kepala kijang sebagai hiasan dan kulit kijang sebagai jimat di Desa Gedangan Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (966kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (847kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (685kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Kepala Kijang Sebagai Hiasan dan Kulit Kijang Sebagai Jimat Di Desa Gedangan Sidayu Gresik”, penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu bagaimana praktik jual beli kepala kijang sebagai hiasan dan kulit kijang sebagai jimat di desa Gedangan Sidayu Gresik? Dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli kepala kijang sebagai hiasan dan kulit kijang sebagai jimat di desa Gedangan Sidayu Gresik?. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research) di desa Gedangan Sidayu Gresik. Teknik prngumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode wawancara (interview) dalam penggunaan, selanjutnya data yang telah diperoleh disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian terhadap praktik jual beli kepala kijang sebagai hiasan dan jual beli kulit kijang sebagai jimat di desa Gedangan Sidayu Gresik menyimpulkan beberapa hal, yaitu pertama, praktik jual beli kepala kijang sebagai hiasan dan kulit kijang sebagai jimat menerapkan akad jual beli dalam Islam. Pembeli mendatangi rumah bapak Sutikno (penjual) dan nego untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Kedua, Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli kepala kijang sebagai hiasan di desa Gedangan Sidayu Gresik adalah jual beli yang hukumnya makru>h tak{rim, karena lebih banyak kemad{aratannya dari pada kemanfaatannya. Sedangkan jual beli kulit kijang sebagai jimat di desa Gedangan Sidayu Gresik adalah jual beli yang diperbolehkan dalam Islam, akan tetapi yang tidak diperbolehkan adalah pemanfaatannya yang menjerumus atau mengarah kepada kemusyrikan sehingga menjadi jual beli yang hukumnya diharamkan dalam Islam. Berdasarkan hasil kesimpulan, kepada para pihak yaitu pelaku disarankan tidak memburu hewan kijang ini dan memanfaatkannya, karena hewan ini sudah jarang ditemui dan alangkah baiknya ikut menjaga kelestariannya dan pelaku mencari tahu kebolehan dan manfaat dari jual beli kepala kijang yang dijadikan hiasan dan kulit kijang yang dijadikan sebagai jimat, sehingga tidak menimbulkan kemad}aratan bagi para pembelinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Evi Rohmawatirohmawatiazizah0102@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizah Evi Rohmawati
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:07
Last Modified: 09 Aug 2017 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18830

Actions (login required)

View Item View Item