Tinjauan hukum islam terhadap kasus poligami TKI yang berdampak pada kesehatan psikis istri : studi kasus di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Ummu Irrofi'a Al (2017) Tinjauan hukum islam terhadap kasus poligami TKI yang berdampak pada kesehatan psikis istri : studi kasus di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: Bagaimana dampak negatif poligami TKI terhadap kesehatan psikis istri di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kasus poligami TKI yang berdampak negatif terhadap kesehatan psikis istri di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang?.Data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan interview atau wawancara. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pola pikir induktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena menggambarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kronologi terjadinya poligami pada ketiga studi kasus di skripsi ini juga dampak negatif terhadap kesehatan psikis istri. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan hukum Islam yang menekankan pada pendekatan maqashid asy-syari’ah dan saddudz dzari’ah. Sedangkan pola pikir induktif adalah pola pikir yang berangkat dari variable yang bersifat khusus kemudian diaplikasikan ke dalam variable yang bersifat umum dalam hal ini dampak kasus poligami di Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga studi kasus poligami yang ada di Desa Kalibendo ternyata memiliki dampak negatif terhadap kesehatan psikis istri dan juga terhadap kerhamonisan keluarga. Dampak kesehatan psikis istri misalnya tampak pada tingkatan stres dan depresi yang sangat tinggi yang kemudian juga berakibat pada kesehatan fisik atau tubuh dan mentalnya. Dari analisis menggunakan pendekatan maqashid asy-syari’ah maka tampak bahwa poligami tersebut tidak sesuai dengan maqashid asy-syari’ah yaitu hifzh al-nafs (memelihara jiwa) dan hifzh al-‘aql (memelihara akal). Dan dengan menggunakan pendekatan saddudz dzari’ah maka hukum poligami yang mulanya halal menjadi haram karena banyaknya sisi negatif dari poligami tersebut dibandingkan dengan sisi positifnya.Saran yang sejalan dengan kesimpulan di atas, bagi seluruh pembaca agar lebih bisa mempertimbangkan secara matang keputusan berpoligami, mengingat begitu pentingnya arti keluarga bagi kita yang mendambakan keluarga yang hamonis dan bahagia. Mengingat berbagai dampak yang ditimbulkan poligami akan menjadi bahan pembelajaran bagi kita di kemudin hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Ummu Irrofi'a Alummu.irrofia295@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Kesehatan
Kesehatan

Poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Al Hadi Ummu Irrofi'a
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:33
Last Modified: 09 Aug 2017 04:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item