Strategi perempuan dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan pasca perceraian di Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

Astuti, Nurindah Dwi (2017) Strategi perempuan dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan pasca perceraian di Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (596kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan perempan dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan pasca perceraian. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu mengapa banyak kasus perceraian di Kelurahan Petemon, apa saja problematika yang dihadapi perempuan usai bercerai dan bagaimana strategi yang dilakukan oleh perempuan dalam mengatasi probelamatike kehidupannya pasca becerai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang diguanakan sebagai alat analisis penelitian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber dan fenimisme radikal.Dari penelitian ini ditemukan bahwa : (1) maraknya kasus percerain di Kota Surabaya khususnya di kelurahan Petemon adalah adanya kesenjangan dalam pembinaan hubungan keluarga. Fakta yang menarik dalam penelitian ini adalah perceraian yang terjadi rata-rata dilakukan oleh perempuan sebagai penggugat. (2) dalam perkara problematika yang dihadapi oleh perempuan adalah seputar perekonomian, peran ganda, penyesuaian seksualitas dan persepsi negatif masyarakat. (3) dalam mengahadapi permasalahannya pasca bercerai perempuan di Kelurahan Petemon melakukan berbagai cara agar permasalahan yang mereka hadapi dapat terselesaikan. Setelah bercerai rata-rata perempuan ini tidak berfikir tentang pernikahan, menurut mereka pernikahan adalah momok besar dalam kehidupannya sebab setelah terjadi kegagalan pernikahan mereka mempunyai anggpan bahwa kebahagiaan mereka tidak hanya didapat dari pernikahan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Siregar BR, Wahidah Zein
Uncontrolled Keywords: Perempuan,Problematika, Perceraian
Subjects: Gender
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Astuti Nurindah Dwi
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:03
Last Modified: 09 Aug 2017 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18777

Actions (login required)

View Item View Item