Partisipasi pemuda pesantren dalam mendukung berkembangnya koperasi syariah: studi pada koperasi pondok pesantren Basmallah Sidogiri Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatika, Fadhilah B (2017) Partisipasi pemuda pesantren dalam mendukung berkembangnya koperasi syariah: studi pada koperasi pondok pesantren Basmallah Sidogiri Pasuruan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (881kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB)

Abstract

Dalam koperasi, partisipasi di jadikan sebagai alat pengembangan dan keberlangsungan baik bagi anggota maupun bagi pihak manajemen. Yang dimaksud dengan anggota disini adalah seluruh individu yang memiliki hak atau kewajiban, tanggung jawab dan kepentingan dalam koperasi. Anggota tidak akan terbatas akan sesuatu hal seperti umur, jenis kelamin, ras, suku, bahkan tingkat sosial. Sebagaimana adanya anggota di sebuah koperasi maka harus ada kontribusi dari anggota tersebut yakni dalam bentuk partisipasi. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk menggambarkan bagaimana partisipasi pemuda pesantren dalam mengembangkan koperasi syariah khususnya Kopontren Sidogiri. Kedua, apa saja motivasi dari pemuda untuk berpartisipasi. Ketiga, manfaat apa yang didapat oleh kopontren dari adanya partisipasi dari pemuda pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi selama periode tertentu, dan dokumentasi. Objek pada penelitian ini adalah koperasi syariah yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Sidogiri yang dikenal dengan istilah Kopontren Sidogiri. Adapun informan dalam penelitian ini adalah anggota yang sekaligus menjadi karyawan pada Kopontren Sidogiri yang berada pada kantor pusat kopontren, dan telah mengabdi selama lebih dari 1 tahun yang merupakan anggota yang aktif. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil penelitian bahwa pengambilan keputusan dilakukan oleh anggota khusus atau pemimpin Pondok Pesantren Sidogiri, namun dalam prosesnya aspirasi dapat di berikan dari seluruh anggota kepada pengurus secara terbuka. Anggota memiliki peran ganda yakni sebagai pemilik dan pengguna, dimana sebagai pemilik berarti bersedia berpartisipasi dalam permodalan dan sebagai pengguna berarti bersedia melakukan transaksi bisnis dalam Kopontren Sidogiri. Rasa bangga karena menjadi salah satu anggota Kopontren Sidogiri mencerminkan bawa tidak adanya paksaan dari pihak manapun kepada pemuda pesantren untuk berpartisipasi. Secara garis besar adanya partisipasi pemuda yang sangat tinggi pada pengembangan Kopontren Sidogiri dengan menjadi anggota dan karyawan. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa aspek dalam bentuk dan dimensi partisipasi yang menyatakan bahwa peran anggota adalah sebagai pemilik (owner) dan pengguna (consumer) jasa/pelayanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatika, Fadhilah Bdhilabesubekti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemuda Islam
Pesantren
Koperasi
Uncontrolled Keywords: partisipasi pemuda; pengembangan koperasi Syariah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: RAHMATIKA FADHILAH B
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:24
Last Modified: 10 Aug 2017 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18776

Actions (login required)

View Item View Item