Pendampingan masyarakat Desa Tasikmadu dalam upaya pengurangan risiko bencana hidrometeorologi melalui pemetaan partisipatif tata ruang desa dengan SIG (Sistem Informasi Geografis) dan SID (Sistem Informasi Desa) sebagai media penyadaran masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Desi Edian (2017) Pendampingan masyarakat Desa Tasikmadu dalam upaya pengurangan risiko bencana hidrometeorologi melalui pemetaan partisipatif tata ruang desa dengan SIG (Sistem Informasi Geografis) dan SID (Sistem Informasi Desa) sebagai media penyadaran masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 7.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab 8.pdf

Download (621kB)
[img] Text
Bab 9.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian pendampingan ini menggambarkan realitas kehidupan masyarakat desa yang dikepung ancaman bencana Hidrometeorologi dan potensi Tsunami. Tingginya kerentanan masyarakat diakibatkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana, belum adanya tata kelola wilayah desa yang berbasis PRB dan belum efektifnya kelompok PRB tsunami yang sudah ada. Dua dampak utama akibat kerentanan ini ,yaitu: ketidaknyamanan hidup pada saat bencana belum terjadi dan tingginya kerugian material dan non material pada saat terjadi bencana. Tujuan dari pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi melalui pemetaan partisipatif tata ruang desa dengan SIG dan SID. Pendekatan penelitian pendampingan ini dilakukan dengan menggunakan metode PAR (participatory action researh), yang menitikberatkan pada pelibatan masyarakat sebagai subjek penelitian secara penuh. Langkah-langkah dalam metode PAR yakni melakukan pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda riset untuk perubahan sosial, pemetaan partisipatif, menentukan masalah kemanusiaan, menyusun strategi gerakan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, membangun pusat-pusat belajar masyarakat, refleksi dan meluaskan skala gerakan serta dukungan. Strategi yang digunakan untuk menyadarkan masyarakat terhadap ancaman bencana hidrometodologi dibagi menjadi 3 tahapan, yakni melakukan penyadaran melalui pendidikan dengan membuat media pendidikan yang efektif (SIG), membangun jaringan kelompok PRB baru melalui relasi seluruh komponen desa dalam pembuatan SID dan mengadvokasi kebijakan tata kelola wilayah desa sesuai PRB. Dalam proses pendampingan ini, masyarakat mengambil peran sebagai perencana, pelaksana dan pengambil keputusan dalam menentukan tindakan selanjutnya secara penuh, sedangkan peneliti hanya sebagai fasilitator. Melalui pendampingan pemetaan partisipatif tata ruang desa melalui SIG dan SID menghasilkan masyarakat ahli yang dapat menjadi pioneer dalam penyadaran kepada masyarakat lainnya. Hasil dari penelitian pendampingan ini adalah: meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi, terbentuknya jaringan kelompok PRB baru melalui relasi seluruh komponen masyarakat Desa Tasikmadu, dan terbentuknya kebijakan pembangunan dalam tata ruang desa yang berbasis pada PRB berupa perdes dan perencanaan pembangunan jangka panjang yang diharapkan dapat menurunkan tingkat kerentanan bencana hidrometeorologi di Desa Tasikmadu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Desi Ediandesi.091296@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pendampingan; PRB Bencana HIdrometeorologi; Tata Ruang Desa; SIG dan SID
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sari Desi Edian
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:54
Last Modified: 08 Aug 2017 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item