Kontribusi Deliar Noer terhadap penulisan sejarah gerakan islam tradisionalis dan modernis di Indonesia (1900-1942)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Nur Faidatur (2017) Kontribusi Deliar Noer terhadap penulisan sejarah gerakan islam tradisionalis dan modernis di Indonesia (1900-1942). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kontribusi Deliar Noer Terhadap Penulisan Sejarah Gerakan Islam Tradisionalis dan Modernis di Indonesia (1900-1942). Materi yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan (1) Bagaimana riwayat hidup Deliar Noer?. (2) Bagaimana Deliar Noer merekontruksi sejarah gerakan Islam tradisionalis dan modernis di Indonesia?. (3) Bagaimana metode penulisan sejarah yang digunakan oleh Deliar Noer?.Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode sejarah, dengan pendekatan historis yang meliputi beberapa tahap yaitu: (1) Heuristik. (2) Kritik. (3) Interpretasi. (4) Historiografi. Sesuai dengan masalah tersebut sumber yang digunakan adalah sebuah karya yang ditulis langsung oleh Deliar Noer. Serta referensi pendukung yang berkitan dengan pembahasan ini. Dalam peneitian ini penulis menggunakan teori hermeneutika dari Wilhelm Dilthey yang bertujuan untuk memahami kepribadian tokoh dan sebagai aturan dalam menginterprestasikan sebuah karya tulis yang dihasilkan tokoh tersebut.Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Deliar Noer adalah seorang pemikir, dosen, peneliti, dan politikus asal Indonesia. Ia juga orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar Ph.D. dalam ilmu politik. (2) Dalam salah satu karya Deliar Noer yang fenomenal yaitu Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942 berpendapat bahwa perkembangan gerakan modern Islam itu terjadi karena adanya pergantian penguasa di Indonesia dari tangan Belanda ke tangan Jepang. (3) Dalam penelitiannya Deliar Noer menggunakan metode deskriptif analistis. Ia juga menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologi. Serta teori yang digunakannya ada beberapa yaitu teori sosial, teori fungsionalisme dan teori modernisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Nur FaidaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rosyidah Nur Faidatur Rosyidah
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:21
Last Modified: 09 Aug 2017 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item View Item