Kehidupan Keagamaan Masyarakat Nelayan di Desa Segorotambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Maulidiah (2017) Kehidupan Keagamaan Masyarakat Nelayan di Desa Segorotambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidiah Kurniawati_E02213021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Kehidupan Keagamaan Masyarakat Nelayan di Desa Segorotambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga permasalahan dalam kehidupan keagamaan masyarakat nelayan, yaitu: Pertama, bagaimana pemahaman keagamaan masyarakat nelayan muslim di desa Segorotambak Sedati Sidoarjo. Kedua, bagaimana praktik keagamaan masyarakat nelayan muslim di desa Segorotambak Sedati Sidoarjo. Ketiga, bagaimana upacara keagamaan yang dilakukan masyarakat nelayan muslim di desa Segorotambak Sedati Sidoarjo. Dari penelitian ini dapat diketahui tingkat keimanan masyarakat nelayan, yakni dari pemahaman dan pengalaman praktik keagamaan yang dikerjakan sehari-hari, serta upacara keagamaan yang diselenggarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan yaitu aparat desa Segorotambak, tokoh agama dan tokoh masyarakat desa Segorotambak, serta beberapa nelayan di desa Segorotambak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan keagamaan masyarakat nelayan di desa Segorotambak meliputi tiga hal yang saling berkaitan, yaitu pemahaman, praktik keagamaan, serta upacara yang dilaksakan. Ketiganya merupakan pokok dalam kehidupan keagamaan yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Pemahaman keagamaan masyarakat nelayan di desa Segorotambak sangat beragam. Pemahaman keagamaan tidak terlepas dari peran tokoh agama setempat, yakni dengan adanya acara-acara keagamaan seperti pengajian rutin ataupun ceramah pada saat memperingati hari keagamaan. Dalam melaksanakan shalat, nelayan yang bekerja dari pagi hingga sore di tambak harus mempersiapkan perlengkapan shalat dari rumah, seperti pakaian bersih dan air bersih. Sedangkan dalam melaksakan ibadah puasa, nelayan yang pekerjaannya di luar ruangan banyak yang tidak menjalankan puasa Ramadhan karena alasan cuaca panas. Namun, nelayan muslim di desa Segorotambak berusaha memenuhi kewajibannya untuk berpuasa sesuai dengan perintah Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, MaulidiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Agama; Iman; Masyarakat Nelayan; Upacara
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Kurniawati Maulidiah
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:51
Last Modified: 28 Feb 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item View Item