تأثير التلعيب (Gamification) في ادارة الصفّ نحو ترقية دوافع الطلاب لتعلم اللغة العربية في الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية الواحدة نجيمبانج لمنجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Aga Apsari (2017) تأثير التلعيب (Gamification) في ادارة الصفّ نحو ترقية دوافع الطلاب لتعلم اللغة العربية في الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية الواحدة نجيمبانج لمنجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (508kB)

Abstract

Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku dan pengetahuan sebagai hasil dari proses tersebut. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan pada kelangsungan proses pembelajaran, diantaranya adalah siswa, guru dan sekolah. Dalam proses belajar siswa memerlukan motivasi sebagai pendorong untuk mencapai tujuan belajar, yaitu memperoleh pengatahuan. Motivasi memiliki dua jenis, yaitu: Motivasi internal yang muncul dari dalam diri siswa dan motivasi eksternal yang didapat dari luar diri siswa. Adapun siswa kelas tujuh di SMPN Ngimbang 1 merasa bosan dan kurang termotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab karena kurangnya inovasi guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran bahasa Arab. tingkat motivasi belajar bahasa Arab siswa dikategorikan masih kurang. Dari masalah tersebut, peneliti akan melakukan penelitian berupa penerapan gamifikasi dalam pengelolaan kelas bahasa arab SMPN 1 Ngimbang.Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas tujuh SMPN 1 Ngimbang Lamongan, (2) bagaimana penerapan gamifikasi dalam pengelolaan kelas bahasa Arab dan (3) bagaimana pengaruh gamifikasi dalam pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas tujuh E SMPN 1 Ngimbang Lamongan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis kuantitatif korelatif dengan menggunan empat teknik pemerolehan data, yakni: observasi, wawancara,dokumentasi dan angket.Adapun hasil analisis dari penelitian ini adalah bahwa t hitung hasil dari perhitungan T-test adalah 13, 713 ini menunjukan bahwa nilai T-hitung (t0) lebih besar daripada nilai yang ada pada T-tabel (tt). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan gamifikasi pada pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. korelasi antara kedua data adalah 0,604. Sedangkan perbedaan nilai rata-rata angket motivasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan gamifikasi pada pengelolaan kelas terhadap siswa kelas tujuh E SMPN 1 Ngimbang Lamongan adalah 20,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Aga Apsariaga.a.putri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Belajar
Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Aga Apsari
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:35
Last Modified: 08 Aug 2017 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item View Item