Tinjauan hukum islam terhadap pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutantiyo, Danang (2017) Tinjauan hukum islam terhadap pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (784kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (802kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (383kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Multijasa Jangka Panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan. Pertama, bagaimana praktik pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya? Metode yang digunakan untuk menganalisa pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, maksudnya pembahasan dimulai dengan menjabarkan data-data dari lapangan tentang praktik pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya. Selanjutnya data tersebut dianalisis dari perspektif hukum Islam dengan pola pikir deduktif, yaitu meletakkan norma hukum Islam yang berkaitan dengan akad, ija>rah, mura>bah}ah, dan Fatwa DSN-MUI No: 44/DSNMUI/VIII/2004 ketentuan dari Pembiayaan Multijasa untuk menganalisis yang berkenaan dengan praktik pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data yang terkumpul melalui editing, organizing dan analyzing. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama, praktik pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya tidak menggunakan akad ija>rah melainkan menggunakan akad mura>bah}ah. Penggunaan akad mura>bah}ah ini membuat jangka waktu pembayaran pelunasan lebih lama daripada dengan menggunakan akad ija>rah. Penerapan akad mura>bah}ah pada pembiayaan multijasa jangka panjang ini telah merubah inti objek transaksi pembiayaan multijasa yang seharusnya jasa menjadi barang. Kedua, Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembiayaan multijasa jangka panjang di BPRS Jabal Nur Surabaya berkenaan dengan penggunaan akad mura>bah}ah jika dikaitkan dengan norma hukum Islam, maka akad mura>bah}ah pada pembiayaan multijasa jangka panjang ini boleh dilakukan karena adanya unsur tolong menolong dan kemaslahatan di dalam praktiknya, serta penggunaan akad mura>bah}ah untuk pembiayaan multijasa jangka panjang yang dilakukan oleh BPRS Jabal Nur Surabaya ini tidak menggunakan anjuran tentang ketentuan pembiayaan multijasa berdasarkan Fatwa DSN-MUI No: 44/DSN-MUI/VIII/2004 bahwa bank dapat melakukan dan diperbolehkan melakukan pembiayaan multijasa dengan menggunakan akad ija>rah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, kepada BPRS Jabal Nur Surabaya dapat melakukan sosialisasi kepada nasabah setiap akad yang akan digunakan oleh nasabah sebelum melaksanakan pembiayaan agar sesuai dengan produk pembiayaan yang menjadi kebutuhan nasabah. BPRS Jabal Nur Surabaya dapat melakukan perbaikan agar selalu menghadirkan produk-produk pembiayaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menjaga prinsip syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutantiyo, Danangdsutantiyo.ds@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Murabahah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sutantiyo Danang
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:05
Last Modified: 08 Aug 2017 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18606

Actions (login required)

View Item View Item