Pemimpin yang tidak kredibel: kajian ma'ani al-hadith dalam kitab Musnad Ahmad no indeks 14441

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Afifatun (2017) Pemimpin yang tidak kredibel: kajian ma'ani al-hadith dalam kitab Musnad Ahmad no indeks 14441. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (878kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (894kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Seorang pemimpin adalah tampuk kekuasaan yang memerintah dan memutuskan segala perkara yang ada dalam wilayahnya. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila belakangan ini banyak diantara mereka baik secara individu maupun golongan saling merebut tahta tersebut dengan menggunakan cara-cara yang dilarang misalnya untuk bisa mendapatkan sebuah jabatan tersebut tidak sedikit dari mereka yang melaukukan tindakan tidak demokratis seperti halnya melakukan praktik Money politc saat menjelang pemilu sehingga kemudian ketika kekuasaan telah benar-benar berada dalam genggamannya juga banyak diantara mereka yang tidak dapat menunaikan amanah besarnya tersebut. Hal ini juga bisa dilatar belakangi oleh rakyat yang kurang berhati-hati dalam menentukan dan memilih seorang pemimpin yang kebanyakan dari mereka tidak meperhatikan integritas serta kemampuannya. Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab permasalahan mengenai kualitas dan ke-hujjah-an hadis tentang pemimpin yang tidak kredibel dalam kitab Musnad Ah}mad (no. indeks 14441). Penelitian ini juga membahas tentang pemaknaan hadis tersebut dengan Ilmu Ma’ani al-H{adith serta aplikasi dari hadis tersebut terhadap kehidupan masyarakat saat ini. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas, maka pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Musnad Ah{mad dan dibantu dengan kitab standar lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij dan menerapkan kajian keilmuan Ma‘ani al-Hadith guna memperoleh pemahaman hadis tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu kualitas hadis tentang pemimpin yang tidak kredibel adalah sahih dan termasuk kategori maqbul ma‘mulun bih. Setelah meode Ma’ani al-Hadith diterapkan, menghasilkan makna universal bahwa yang dimaksud dengan pemimpin yang tidak kredibel ialah seorang pemimpin yang dalam kepemimpinannya mereka tidak mengikuti jejak Rasul sehingga Nabi memberi petunjuk kepada ummatnya untuk selalu berhati-hati dalam menentukan dan memilih seorang pemimpin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Afifatunafifatun.nur11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Pemimpin; Kajian ma'ani; Hadith; Kitab Musnad Ahmad no indeks 14441
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nur Afifatun
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:09
Last Modified: 10 Aug 2017 07:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18557

Actions (login required)

View Item View Item