Membangun lingkungan bebas sampah melalui pembentukan komunitas peduli lingkungan di Desa Parakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahri, Muhammad (2017) Membangun lingkungan bebas sampah melalui pembentukan komunitas peduli lingkungan di Desa Parakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang masalah lingkungan yang terjadi di Desa Parakan seperti tersumbatnya aliran air selokan, dangkalnya sungai sehinga terjadi kebanjiran yang disebabkan oleh maraknya sampah disekitar lingkungan. Tidak adanya kampanye masyarakat dan kebijakan pemerintah desa dalam hal pengelolaan sampah. Permasalahan ini yang sangat rumit untuk di atasi, karena sebelumya masyarakat Desa Parakan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa materi untuk membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) tetapi masyarakat menolaknya karena akan berdampak pada lingkungan sekitar yang menimbulkan bau tidak sedap disekelilingnya dan bantuan berupa tong komposter digunakan hanya beberapa hari.
Dalam pendampingan ini peneliti menggunakan metode penelitian sosial Participatory Action Risearch (PAR). PAR terdiri dari tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain. Ketiga kata tersebut adalah partisipasi, riset dan aksi. PAR sengaja dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Peneliti dan beberapa masyarakat berkeingin supaya seluruh masyarakat Desa Parakan sadar akan lingkungan dan mewujudkan lingkungan bebas dari sampah. Melalui pembentukan komunitas peduli lingkungan yang melibatkan siswa-siswi SMPN 2 Trenggalek. Maka komunitas peduli lingkungan melakukan aksi lapangan di Desa Parakan untuk mengambil sampah di tempat rawan penumpukan. Secara tidak langsung melakukan penyadaran kepada masyarakat Desa Parakan supaya berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan memanfaatkan aset yang dipandang tidak layak yaitu sampah untuk dijual, tujuannya yaitu mengurangi sampah yang ada di sekitar lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahri, Muhammadmsahri475@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Keywords: Komunitas; Penyadaran; Pengelolaan Sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sahri Muhammad
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:33
Last Modified: 10 Aug 2017 06:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18530

Actions (login required)

View Item View Item