Sejarah perkembangan PAC IPNU-IPPNU di Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban pada tahun 1982-1998 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriah, Nur Alfu (2017) Sejarah perkembangan PAC IPNU-IPPNU di Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban pada tahun 1982-1998 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (837kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pada rumusan masalah yaitu “1. Bagaimana sejarah munculnya IPNU-IPPNU Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban?, 2. Bagaimana dinamika perkembangan PAC IPNU-PPNU di Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban pada tahun 1982-1998 M?, 3. Bagaimana konstribusi PAC IPNU-IPPNU Plumpang terhadap pemuda, negara dan masyarakat sekitar?”. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Historis, karena tema peneitian berupa sejarah awal munculnya organisasi IPNU-IPPNU di Pumpang, serta perkembangannya pada tahun 1982-1998. Serta pendekatan Sosiologis yang menyatakan bahwa objek sosiologi adalah penelitian terhadap hubungan antar manusia dan proses sosial. Sedangkan teori yang digunakan penelitian ini adalah teori Gemeinscaft yang merupakan bentuk kehidupan bersama dimana anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah dan kekal, hal ini yang menyatakan sebuah ikatan dalam hubungan sosial. Selain itu menggunakan teori perubahan sosial yaitu sebuah gerakan yang bersifat mengembangkan sebuah kehidupan yang bermula sesuatu yang tidak sempurna menuju yang sempurna. IPNU-IPPNU merupakan organisasi yang mencirikan perluasan dan peningkatan perjuangan dngan nama santri. Organisasi tersebut dibentuk atas dasar keinginan sebagai wadah aktifitas sosial dan program remaja dan pengkaderan remaja NU agar berjalan ke arah dengan nilai NU yang bersaskan Ahlu as-Sunnah Wa Al-Jama’ah. Untuk itu perlunya IPNU-IPPNU dibentuk kecamatan Plumpang yang berawal dari sang pemuda bernama Sutrisno yang ingin merubah pemuda NU menjadi maju melalui sebuah organisasi IPNU-IPPNU pada tahun 1982, yang sebelumnya pernah menghilang Kemudian Sutrisno termotivasi dari PK IPNU Ponpes Mambaul Huda Jenu-Tuban. Beliau berjuang untuk mengembangkan melalui perbincangan dengan Karangtaruna Plumpang dan perkumpulan lainnya hingga mencapai kemajuan pada periode Sutrisno dan Karlin. Kemudian tahun 1989 digantikan oleh Mudzakir dan Siti Sholihah, program kerja yang sangat menonjol pada periode ini adalah dari bidang sosial. Pada tahun 1992 telah digantikan oleh Suparji dan Luthoifah, periode ini telah mulai menerapkan asas Pancasila dan bisa bekerja sama dengan pemerintah dan ormas lainnya. IPNU-IPPNU juga memunyai konstribusi baik untuk Negara, pemuda sendiri maupun untuk masyarakat luas. Diantaranya yang paling pokok adalah sebagai ranah pemberdayaan generasi muda, melatih menjadi pemimpin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriah, Nur Alfukhoiralfu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects:
Uncontrolled Keywords: Sejarah PAC IPNU-IPPNU
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khoiriah Nur Alfu
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:20
Last Modified: 05 Oct 2017 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item