فعالية تطبيق طريقة التدريس التعاوني بنموذج رأس مرقم هيكلي لترقية مهارة القراءة للطلبة بالمدرسة الثانوية الحكومية مجايان ماديون

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Fauziyah (2017) فعالية تطبيق طريقة التدريس التعاوني بنموذج رأس مرقم هيكلي لترقية مهارة القراءة للطلبة بالمدرسة الثانوية الحكومية مجايان ماديون. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat banyak siswa di berbagai madrasah-madrasah yang berbasis Islam khususnya di MAN Mejayan Madiun mereka mengeluh kesulitannya ketika belajar bahasa Arab khususnya dalam keterampilan membaca. Mayoritas siswa hanya bisa membaca bahasa Arab akan tetapi sulit dalam memahami isi dari sebuah bacaan karena mereka tidak mengetahui artinya. Kesulitan ini mengakibatkan kurangnya minat dan semangat siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Maka dari itu peneliti ingin menerapkan metode pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Stucture dalam meningkatkan keterampilan membaca. Disini peneliti ingin membahas tentang penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Stucture dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di MAN Mejayan Madiun, berdasarkan latar belakang masalah sebagai berikut:1). Bagaimana keterampilan membaca siswa di MAN Mejayan Madiun? 2). Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Structure (NHS) dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa di MAN Mejayan Madiun? 3). Sejauh mana penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Structure (NHS) efektif dalam meningkatkan penguasaan keterampilan membaca bahasa Arab siswa di MAN Mejayan Madiun? Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre Test dan Post Test. Instrumen yang digunakan adalah: 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Dokumentasi dan 4). Tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 MAN Mejayan Madiun dengan jumlah 138 siswa dan sampel 21 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Head Structure (NHS) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X MAN Mejayan Madiun. Hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus T-Test yang menunjukkan bahwa T-Hitung 11,391 lebih besar dari T-Tabel 2,086 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Structure (NHS) efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa Kelas X MAN Mejayan Madiun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Fauziyahfauziyah.hanum011294@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca; Numbered Head Stucture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hanum Fauziyah
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:18
Last Modified: 08 Aug 2017 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18479

Actions (login required)

View Item View Item