Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana di muka umum secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang: studi putusan Direktori Pengadilan Negeri Jombang Nomor: 218/Pid.B/2014/ Pn.JMB

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghozali, Achmad Imam (2017) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana di muka umum secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang: studi putusan Direktori Pengadilan Negeri Jombang Nomor: 218/Pid.B/2014/ Pn.JMB. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Tindak Pidana Di Muka Umum Secara Bersam-sama Melakukan Kekerasan Terhadap Orang ( Studi Putusan Direktori Pengadilan Negeri Jombang Nomor. 218/ PID.B/ 2014 / PN. JMB ) “ adalah hasil penelitian pustaka untuk menjawab pertanyaan tentang, 1) Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam putusan nomor 218/ PID.B/ 2014/ PN. JMB tentang tindak pidana di muka umum secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang. 2) Bagaimana pandangan hukum pidana islam terhadap tindak pidana di muka umum secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang dalam putusan nomor 218 / PID.B / 2014 / PN. JMB. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul, data diolah dan dianalisis dengan metode deskriptif analisis dan dengan pola fikir deduktif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus dan dianalisis menurut hukum pidana Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertimbangan Hakim terhadap putusan nomor. 218/ PID.B/ 2014 / PN. JMB tentang tindak pidana di muka umum secara bersam-sama melakukan kekerasan terhadap orang berdasarkan KUHP Pasal 170 ayat 1 yakni Hakim memberikan hukuman terhadap terdakwa 1 tahun penjara. Sebelum Hakim memberikan putusan hukum terhadap terdakwa, Hakim lebih terdahulu mempertimbangkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum baik dakwaan primer maupun subsidair. Hakim lebih condong kepada dakwaan primer dikarenakan dakwaan primer telah memenuhi unsur-unsur dari pasal 170 ayat 1 KUHP oleh karena itu terdakwa dihukum 1 ( satu ) tahun penjara dengan memperhatikan memberatkan maupun yang meringankan terhadap kasus tersebut. Sedangkan dalam hukum pidana Islam, perihal terdakwa melakukan perbuatan tersebut dimuka umum dengan cara penganiayaan atau kekerasan maka terdakwa dihukum dengan jarimah diat dengan alasan melukai korban karena itu adalah menyangkut dengan hak manusia itu sendiri.
Masyarakat sebagai warga Negara yang mempunyai moral dan alat yang dapat berperan aktif bagi Negara sebaiknya harus berfikir secara jernih sebelum bertindak agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Sehingga mereka dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat mencerminkan ketentraman dan kedamaian bagi setiap orang tanpa adanya perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain bahkan dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain disekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghozali, Achmad Imamghozaliachmad63@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Kekerasan
Kenakalan Anak dan Remaja
Keywords: Hukum pidana Islam; Tindak pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ghozali Achmad Imam
Date Deposited: 07 Aug 2017 05:33
Last Modified: 07 Aug 2017 05:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item