Cermin spirit akademik dalam Islam perspektif historis dan kontekstual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Sokhi (2015) Cermin spirit akademik dalam Islam perspektif historis dan kontekstual. El-Faqih: Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, 1 (2). pp. 78-101. ISSN 2443-3950; 2503-314X

[img]
Preview
Text
Cermin spirit akademik dalam Islam.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini akan menguraikan spirit akademik dalam Islam melalui dua perspektif, historis dan kontekstual. Dalam perspektif historis, spirit akademik dalam Islam berawal dari wahyu pertama iqra’. Puncak spirit ini tercapai melalui “the Golden Age of Islam” (750-1258 M.) pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyyah, dengan pesatnya kemajuan ilmu dan peradaban. Masa keemasan ini menjadikan Islam sebagai pemimpin dan cermin peradaban dunia pada saat belahan dunia Barat masih dalam‚ the Dark Age of the West. Kecermelangan spirit akademik itu menjadi kontribusi Islam terhadap dunia Barat. Akan tetapi pada era sekarang ini kondisi yang terjadi sebaliknya, hampir semua segmen kehidupan dipimpin oleh dunia Barat. Dalam perspektif kontekstual, spirit akademik berbekal landasan-landasan doktrinal, yuridis, dan moral. Landasan-landasan ini bergerak ke wilayah konteks kehidupan dalam bidang ilmu dan pendidikan. Pertama, untuk konteks pendidikan kepesantrenan, kitab Ta’li>m al-Muta’allim karya Burhan al-Din al-Zarnuji sangat populer karena berkontribusi untuk membangun semangat akademik dan menawarkan nilai-nilai kualitas waktu dan etika belajar. Kedua, untuk konteks keidonesiaan, spirit akademik ditandai oleh karya-karya ulama nusantara dan perkembangan lembaga-lembaga studi Islam. Spirit akademik yang paling menonjol ditandai oleh sejumlah produksi karya ilmiah seiring dengan perkembangan PTAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Sokhisokhihuda81@zoho.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Spirit akademik; historis; kontekstual
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Sokhi Huda
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:56
Last Modified: 20 Mar 2019 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18431

Actions (login required)

View Item View Item