Spiritualitas petani: implikasi nilai-nilai spiritual para petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam perspektif teologi Qadariyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ifsantin, Iin (2017) Spiritualitas petani: implikasi nilai-nilai spiritual para petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam perspektif teologi Qadariyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (641kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (668kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (594kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana hubungan antara spiritual dan ketentraman hidup dalam konsep paham Qadariyah, bagaimana kehidupan spiritual dan paham keagamaan petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, bagaimana hubungan antara spiritual petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dengan ketentraman hidupnya, dan bagaimana implementasi nilai-nilai spiritual para petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan perspektif teologi Qadariyah. Data penelitihan ini dihimpun melalui penelitian lapangan dari wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori teologi Qadariyah. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menjabarkan langsung hasil penelitian dengan cara menggambarkan kehidupan spiritual dan paham keagamaan para petani, hubungan spiritual para petani dengan ketentraman hidupnya, dan implementasi nilai-nilai spiritual para petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan selama proses penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar nilai spiritual yang dimiliki oleh para petani Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam perananya sebagai seorang petani. Petani merupakan profesi yang mempunyai peran besar bagi pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Karena profesi petani merupakan profesi yang dominan dalam kehidupan pedesaan. Tujuan lain dari penelitihan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan agama Islam dalam kehidupan seorang petani, sehingga para petani mampu menjalankan aktifitasnya yang penuh dengan perjuangan saat menghadapi musim tanam dan musim panen demi kelangsungan kehidupan keluarganya. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa dalam jiwa seorang petani terdapat spirit yang tinggi dalam meningkatkan tujuan hidup dan kedekatan dengan Tuhanya. Sehingga diperoleh nilai sepiritual para petani ketika di sawah saat menghadapi musim tanam dan musim panen, saat bersosialisasi dengan tetangganya, maupun saat kegiatan keagamaan yang membawa para petani untuk sabar, tenang, ikhlas, ikhtiar, dan berdo’a dalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya sehingga menimbulkan kehidupan yang aman dan tentram.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ifsantin, Iiniinifsantin14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teologi
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas petani; spiritual petani; teologi Qadariyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Ifsantin Iin
Date Deposited: 09 Aug 2017 06:58
Last Modified: 09 Aug 2017 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item