إعداد مواد تعليم مهارة القراءة لطلاب الفصل العلاجي: بحث تطويري في المدرسة المتوسطة الإسلامية "نور الهداية" فروبولنجا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizatussa'adah, Faizatussa'adah (2017) إعداد مواد تعليم مهارة القراءة لطلاب الفصل العلاجي: بحث تطويري في المدرسة المتوسطة الإسلامية "نور الهداية" فروبولنجا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Materi bahan ajar untuk keterampilan membaca adalah materi yang dianggap penting dalam Penelitian ini berawal dari pengamatan problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo. Demi memenuhi kebutuhan para siswi dalam mengembangkan keterampilan membaca bahasa Arab peneliti mencoba menyusun materi ajar bahasa Arab yang berdasarkan kurikulum madrasah yang disesuaikan dengan keadaan keseharian siswi di madrasah itu sendiri. materi bahan ajar dan berfokus pada tiga pokok permasalahan yakni : 1. Apa materi ajar keterampilan membaca yang dirancang untuk siswi kelas terapi di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo? 2. Bagaimana penerapan keterampilan membaca bahan ajar untuk siswi kelas terapi di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo? 3.Sejauh mana efektifitas penggunaan materi keterampilan membaca untuk siswi kelas terapi di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengarah pada tiga hal : 1. untuk mempersiapkan materi ajar keterampilan membaca yang dirancang untuk siswi kelas terapi di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo, 2. Untuk mempersiapkan penerapan keterampilan membaca bahan ajar untuk siswi kelas terapi di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo, 3. Untuk mempersiapkan sejauh mana efektifitas penggunaan materi keterampilan membaca untuk siswi kelas terapi di Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Probolinggo, dalam mengembangkan keterampilan membaca para siswi Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah dalam berkomunikasi bahasa Arab pada aspek penilaian yang meliputi: Kemampuan membaca dan mengenali tata cara membaca bahasa Arab dengan baik dan benar. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab. Dengan bahan ajar yang disusun agar siswi mampu membaca bahasa Arab dengan benar serta mampu memahami pikiran yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis. Sehingga siswa mampu membaca bahasa Arab dengan lancar. Atas dasar itulah penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan kuantitatif. dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk mengahsilkan produk yaitu bahan Ajar dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut. Instrument menelitian yang digunakan adalah wawancara, tes, uji coba, dokumentasi. Setelah penulis menyusun bahan ajar, melakukan uji coba dengan menganalisa seluruh data, penulis mendapatkan kesimpulan: 1) bahan ajar yang dihasilkan berupa buku ajar yang memuat materi, bacaan dan latiha-latihan pemahaman bacaan dan mendapatkan penilaian dari tim ahli sebesar 82 %, artinya buku tersebut layak digunakan dalam pembelajaran. 2) bahan ajar tersebut sangat efektif untuk meningkatkan keterampilam membaca bagi siswa di kelas terapi atau kelas khusus tingkat madrasah tsanawiyah, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan yang cukup signifikan 550 dari nilai pretest 1530 menjadi 2080 dinilai posttest. Hal ini dapat dipekuat dengan hasil analisa tes, dan wawancara yang memiliki kesimpulanyang cukup signifikan dengan analisa tes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizatussa'adah, Faizatussa'adahfs47905@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: penyusunan materi ketrampilan membaca bahasa arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Faizatussa'adah Faizatussa'adah
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:48
Last Modified: 07 Aug 2017 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item View Item