Dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia (SPIDI) Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Restendy, Mochammad Sinung (2017) Dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia (SPIDI) Tulungagung. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (844kB)

Abstract

Spirit Dakwah Indonesia sebagai lembaga dakwah merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi dan inovasi dakwah, dan tidak memihak pada kepentingan aliran. Melalui dakwah virtual Spirit Dakwah Indonesia merasa memiliki tanggung jawab moral untuk menyampaikan informasi keislaman secara benar. melalui internet dengan bentuk meme dan vlog.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Mengapa Lembaga Spirit Dakwah Indonesia menjadikan media virtual sebagai wilayah dakwahnya, 2) Bagaimana bentuk dakwah virtual Spirit Dakwah Indonesia, dan 3) Bagaimana proses dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan konsep dan alasan yang melatar belakangi dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia, 2) Untuk mendeskripsikan bentuk dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia, dan 3) Untuk mendeskripsikan proses dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah meme dan vlog sebagai media dakwah virtual Lembaga Spirit Dakwah Indonesia. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan digali melalui sumber data primer (primary sources) dan sumber data sekunder (secondary sources). Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode interpretatif dan metode analisis kualitatif, yaitu melalui tahap Reduksi data, yaitu pengumpulan data penelitian; Klasifikasi data, yaitu melakukan klasifikasi data sesuai dengan perumusan masalah dan tujuan penelitian; Verifikasi data, yaitu membuat kesimpulan dari hasil penelitian.Berdasarkan rumusan masalah di atas kesimpulan dari penelitan ini ini adalah a) Konsep Dakwah virtual Spirit Dakwah Indonesia menjadi bagian penting dari makna media yang juga sebagi pesan dakwah dalam virtualspace b) Meme dan Vlog dipandang sebagai bentuk dakwah di media virtual paling efektif, yang diterapkan oleh Spirit Dakwah Indonesia, dimana meme dan vlog menjadi embrio budaya bagi anak anak digital dewasa ini c) Proses dakwah virtual Spirit Dakwah Indonesia diawali dengan pembelajaran membuat meme dan vlog dakwah yang baik dan benar, sehingga ketertarikan untuk share dan membuat meme dan vlog dakwah membentuk karakter diri yang tangguh sesuai harapan Spirit Dakwah Indonesia untuk Generasi Super Indonesia 2030. Rekomendasinya adalah pembentukan di daerah daerah Lembaga Krisis Virtual Center yang menangani kerentanan virtual dan resiko virtual dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Restendy, Mochammad Sinungsinungrestendy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Komunikasi Islam > Komunikasi
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Restendy Moch Sinung
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:46
Last Modified: 10 Aug 2017 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18392

Actions (login required)

View Item View Item