تأثير الوسائل التعليمية "الجرائد العربية في الإنترنت" نحو ترقية مهارة القراءة في مادة القراءة لدى طلاب شعبة تعليم اللغة العربية بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Cholifah (2017) تأثير الوسائل التعليمية "الجرائد العربية في الإنترنت" نحو ترقية مهارة القراءة في مادة القراءة لدى طلاب شعبة تعليم اللغة العربية بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover .pdf

Download (737kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Membaca memiliki peran penting yang berpengaruh dalam pembangunan dan pembentukan karaktersitik seseorang begitu juga Mahasiswa, karena dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan juga melatih keterampilan untuk berfikir dan menganalisa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca juga merupakan hal yang urgen dalam mempelajari Bahasa Arab yang dikenal dengan sebutan “Maharah Qiraah”. Maka dari itu, Peneliti ingin membahas mengenai pengaruh koran arab online yang akan diaplikasikan pada matakuliah Al-Qiraah yang mana pada mata kuliah tersebut salah satu langkah dalam prosesnya adalah harus betul-betul menguasai metode qiraah demi tercapainya beberapa tujuan dari membaca, salah satunya yang terpenting yaitu fahmul maqru’ (pemahaman isi). Media pembelajaran melalui koran Arab online ini merupakan media yang dapat diakses melalui berbagai perangkat, baik laptop ataupun smartphone Mahasiswa. Pembelajaran dengan menggunakan media ini dilengkapi dengan gambar dan video yang dapat membuat para Mahasiswa lebih senang dan tertarik dalam memperlajari bahkan memperdalam bahasa Arab dan tidak menjadikan mereka bosan saat proses perkuliahan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Pengaruh “Koran Arab online” untuk meningkatkan Maharah Qira’ah Mahasiswa PBA FTK Pada Matakuliah Al-Qiraah Tahun Ajaran 2016-2017 UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk koran Arab online yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Al-Qiraah-1? 2) Bagaimana kemampuan mahasiswa PBA FTK semester 2 Tahun ajaran 2016-2017 pada maharah qiraah pada mata kuliah Al-Qiraah? 3) Bagaimana pengaruh koran Arab online pada mata kuliah Al-Qiraah bagi maharah qiraah mahasiswa PBA FTK semester 2 Tahun ajaran 2016-2017? Adapun instumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Angket, 4) Dokumentasi dan 5) 2 Tes, yaitu pre-test dan post-test .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran koran Arab online terbukti memiliki pengaruh pada maharah qiraah Mahasiswa semester 2 kelas D tersebut. Hal ini dapat diketahui dari analisis yang peneliti lakukan dengan menggunakan rumusan t-test yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel, yaitu: 20.45 < 12.63, maka Hipotesa nol (H0) ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya pengaruh pada penggunaan media pembelajaran koran Arab online pada Mahasiswa semester 2 PBA UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, Cholifahcholifah125@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; koran arab online
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cholifah Cholifah
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:25
Last Modified: 10 Aug 2017 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18320

Actions (login required)

View Item View Item