Pengembangan karang taruna Kabejan: pengelolaan lingkungan oleh pemuda Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Billah, Ahmad Muhtadi (2017) Pengembangan karang taruna Kabejan: pengelolaan lingkungan oleh pemuda Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Jembul merupakan desa terakhir di ujung Kecamatan Jatirejo. Beberapa waktu lalu Jembul bukanlah desa yang memiliki daya Tarik tinggi. Saat ini banyak orang mendatanginya untuk enikmati keindahan alam yang diberikan. Selain mengandung keberkahan, tersimpan kerisauan akan sampah yang itinggalkan oleh para pengunjung. Hal ini didukung dengan pola hidup masyarakat yang tidak terbiasa mengelola sampah. Melalui gerakan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna, mereka berusaha mencari alternatif untuk mengelola sampah tersebut sehingga dapat dikurangi dan tidak menimbulkan kerugian. Melalui pendekatan riset aksi partisipatoris dan menggunakan sudut pandang Freire, para pemuda diajak untuk melihat kondisi lingkungan dan memberikan alternatif melalui proses diskusi. Mereka diajak untuk bangkit dari kondisi ang dianggap lumrah dan pada kondisi kesadaran palsu, menuju pada proses yang berbuah kesadaran kritis dan transformatif. Hasilnya, para pemuda menyadari bahwa keberadaan sampah tersebut akan menganggu lingkungan Desa Jembul. Dengan semangat para pemuda, mereka mencari solusi yang dapat dilaksanakan secara berkelanjutan tanpa tergantung dari ihak manapun (Sustainability).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Billah, Ahmad Muhtadiadibillah2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pemuda; pemberdayaan; sustainability
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Billah Ahmad Muhtadi
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:54
Last Modified: 04 Oct 2017 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item View Item