Status kufur karena meninggalkan shalat: kajian ma'ani al hadith dalam kitab Sunan al Tirmidhi no indeks 2621

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariyyah, Khairul (2017) Status kufur karena meninggalkan shalat: kajian ma'ani al hadith dalam kitab Sunan al Tirmidhi no indeks 2621. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (665kB)

Abstract

Kafirnya seseorang akibat meninggalkan shalat merupakan pemahaman yang terkandung dalam teks hadis tersebut, dimana lafaz kufr yang menjadi persoalan, dianggap relevan dengan kondisi umat Islam sekarang yang banyak terlihat tidak mengerjakan shalat, entah karena kemalasan, kesengajaan, atau karena adanya uzur, sehingga pantas untuk dikaji kembali makna yang sebenarnya, karena menjadi kafir merupakan suatu perbuatan yang amat tercela, dan merupakan pelanggaran dengan dosa yang amat besar dalam Islam. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis tentang status kufur karena meninggalkan shalat dalam kitab Sunan al-Tirmidhi no. indeks 2621. 2) bagaimana pemaknaan lafaz} kufr yang tercakup dalam dalam kitab Sunan al-Tirmidhi no. indeks 2621. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas, maka pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Sunan al-Tirmidhi dan dibantu dengan kitab standar lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, I’tibar, kritik sanad dan matan serta menerapkan kajian keilmuan Ma‘ani al-Hadith. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa hadis tentang status kufur karena meninggalkan shalat adalah sahih li ghairihi serta diriwayatkan oleh rawi yang sanadnya kesemuanya thiqah, serta sanadnya bersambung sampai Rasulullah SAW, dari segi matannya juga dapat dikatakan sahih karena terhindar dari sudhudh dan ‘illat, tidak bertentangan dengan Alqur’an, tidak bertentangan dengan hadis yang lebih kuat dan tidak bertentangan dengan akal sehat. Sehingga hadisnya dapat dijadikan hujjah. Sedangkan makna kufur yang tercakup dalam hadis adalah kufur yang tujuannya memberatkan saja, dan bukan menghukumi orang Islam sebagai orang kafir yang sesungguhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariyyah, Khairulbariyyah04@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Salat
Hadis
Uncontrolled Keywords: al Tirmidhi; kufur; shalat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Bariyyah Khairul
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:54
Last Modified: 08 Aug 2017 07:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item