Biografi K.H. Abdullah Wasi'an dan peranannya dalam meminimalisir usaha pemurtadan di Indonesia tahun 1917-2011 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astiyani, Auliya Nur (2017) Biografi K.H. Abdullah Wasi'an dan peranannya dalam meminimalisir usaha pemurtadan di Indonesia tahun 1917-2011 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (700kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsili Vatikan Internasional II membuat keputusan untuk melakukan kristenisasi di seluruh dunia. Sasaran utama kristenisasi adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, termasuk Indonesia. Skripsi dengan judul Biografi K.H. Abdullah Wasi’an dan Peranannya dalam meminimalisir usaha pemurtadan di Indonesia Tahun 1917-2011 M, memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana biografi K.H. Abdullah Wasi’an, (2) Apa hal-hal yang melatarbelakangi K.H. Abdullah Wasi’an menjadi kristolog, dan (3) Apa saja usaha yang dilakukan oleh K.H. Abdullah Wasi’an untuk meminimalisir usaha pemurtadan di Indonesia. Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan metode sejarah dengan tahapan heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber, interpretasi (penafsiran), dan historiografi. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan historis-sosiologi. Selain itu, penelitian ini menggunakan teori peran dan teori kepemimpinan kharismatik Max Weber. Berdasarkan informasi yang didapatkan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa K.H. Abdullah Wasi’an adalah seorang mubaligh yang lahir pada tanggal 9 Juni 1917 di Nyamplungan dan meninggal pada tanggal 16 Februari 2011 di Rewwin Waru Sidoarjo. Sedangkan hal yang melatarbelakangi K.H. Abdullah Wasi’an menjadi kristolog adalah adanya program kristenisasi di Indonesia dan juga banyaknya kasus pemurtadan yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Adapun usaha yang dilakukan oleh K.H. Abdullah Wasi’an dalam meminimalisir gerakan pemurtadan di Indonesia adalah dengan membentengi aqidah umat Islam dan juga berdialog dengan pendeta atau tokoh Kristen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astiyani, Auliya NurAuliya.nura99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Indonesia
Kristen
Uncontrolled Keywords: kristenisasi; pemurtadan; dakwah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Astiyani Auliya Nur
Date Deposited: 04 Aug 2017 03:46
Last Modified: 04 Aug 2017 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18222

Actions (login required)

View Item View Item