Pengembangan Hidden Curriculum dalam membentuk karakter siswa: studi multi kasus di SD Negeri Petrokimia Gresik dan SD Muhammadiyah Manyar Gresik Kota Baru Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustafa, Adi (2017) Pengembangan Hidden Curriculum dalam membentuk karakter siswa: studi multi kasus di SD Negeri Petrokimia Gresik dan SD Muhammadiyah Manyar Gresik Kota Baru Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, terjadinya dekadensi moral dikalangan anak dan remaja, dan mulai memudarnya budaya-budaya lokal sebagai marwah dan jati diri bangsa. Hal tersebut menyebabkan tugas civitas pendidikan dalam hal ini adalah sekolah dasar (SD), sebagai lembaga pendidikan yang menanamkan pondasi utama akan prinsip dan nilai-nilai kebaikan kian berat, dan tertantang untuk lebih kreatif serta inovatif untuk mengembangkan, dan mendesain kurikulum pendidikan nasional yang terintegrasi dengan hidden curriculum. Tujuan penelitian iniuntuk menganalisis dan membuktikan lebihmendalam, fungsi dan peran pengembangan hidden curriculum dalam membentuk karakter siswa di SDNegeri Petrokimia Gresik sebagai barometer sekolah negeri, dan SD Muhammadiyah Manyar Gresik Kota Baru (GKB) Gresik sebagai barometer sekolah berbasis Islam.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber-sumber data sebagai suplemen utamadan support penyelesaian tesis ini dengan menggali sumber data primer, melalui wawancara langsung dengan sumber informan yang terdiri dari kepala sekolah, wakil pembantu kepala sekolah dan guru, serta hasil dari observasi pada kedua sekolah tersebut. Adapun, sumber sekunder didapatkan dengan melakukan studi dokumentasi, naskah dan arsip yang berkaitan dengan hidden curriculum penerapan dan pengembangannya yang peneliti temukan pada kedua sekolah tersebut.Berdasar hasil analisis penelitian, bahwa kurikulum tiga belas (kurtilas) sebagai kurikulum pemerintah (formal) yang dikembangkan di kedua sekolah yang terintegrasi dengan pengembangan hidden curriculum, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa, disamping terdapat kelemahan-kelemahannya yang terus dievaluasi dan dibenahi. Adapun penerapan dan pengembangan hidden curriculum,peneliti mengklasifikasikan menjadi tiga desain program sekolah. Pertama, kegiatan rutinitas siswa(habbituals) di sekolah. Kedua, pengembangan ekstra kurikuler sekolah (eskul)siswa. Ketiga, internalisasi 8 nilai (values)yang terdiri dari: jujur, demokratis, toleransi, mandiri, amanah dan tanggungjawab, disiplin, dan salih spiritual, serta salih sosial dalam sikap dan aktivitas siswa disekolah maupun diluar sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustafa, Adifahmidah.mida2013@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Hidden; curriculum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mustafa Adi
Date Deposited: 03 Aug 2017 08:03
Last Modified: 04 Aug 2017 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18203

Actions (login required)

View Item View Item