Sejarah perkembangan ormas Taman Sholaya NKRI di desa Ngares Kidul Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto tahun 1994-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Eka Novita (2017) Sejarah perkembangan ormas Taman Sholaya NKRI di desa Ngares Kidul Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto tahun 1994-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (702kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (707kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (787kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang didalamnya terdapat beberapa rumusan masalah yaitu: Pertama, Bagaimana kondisi obyektif lingkungan penganut Ormas “Taman Sholaya NKRI di desa Ngares Kidul kecamatan Gedeg kabupaten Mojokerto Kedua, Bagaimana sejarah berdiri dan perkembangan Ormas “Taman Sholaya NKRI” di desa Ngares Kidul kecamatan Gedeg kabupaten Mojokerto tahun 1994-2016. Ketiga, Apa ajaran dan ritual dalam Ormas“Taman Sholaya NKRI”. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode historis untuk mendeskripsikan sejarah perkembangan Ormas “Taman Sholaya NKRI” yaitu melalui tahapan Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Dalam skripsi ini menggunakan pendekatan historis untuk mengungkapkan kronologis bagaimana peristiwa masa lampau terjadi. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah dua teori yakni teori Arnold Joseph Toynbe yang menghubungkan teori Challenge and respone dan teori gerakan sosial keagamaan yang dibangun Glock dan Stark, serta weber dan Troeltch kemudian disempurnakan oleh Niebuhr yang menguraikan secara rinci masalah-masalah yang berhubungan dengan sejarah perkembangan Ormas “Taman Sholaya NKRI”, serta ajaran dan ritual dalam Ormas“Taman Sholaya NKRI”. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Pertama, kondisi obyektif lingkungan penganut Ormas “Taman Sholaya NKRI di desa Ngares Kidul kecamatan Gedeg kabupaten Mojokerto meliputi kondisi keagamaan, kondisi sosial-budaya dan pendidikan, kondisi ekonomi. Kedua, Sejarah lahir Ormas “Taman Sholaya NKRI” awal mulanya adalah sebuah organisasi keagamaan yang berbentuk majlis dzikir dan doa yang kemudian dirubah penamaanya menjadi organisasi masyarakat. Perkembangan Ormas “Taman Sholaya NKRI” dari berbagai aspek yakni dari aspek perkembangan jamahnya, hubungan dengan pemerintah serta organisasi cabang. Ketiga, ritual dan ajaran Ormas “Taman Sholaya NKRI” yang dijadikan ciri khas dari Ormas “Taman Sholaya NKRI” dengan membaca berbagai dzikir seperti Tahlil, Manaqib, Sholawat dan Yasin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Eka Novitakanov1145@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Keywords: sejarah; ormas; Taman Sholaya NKRI
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sari Eka Novita
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:56
Last Modified: 04 Aug 2017 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18098

Actions (login required)

View Item View Item