العناصر الداخلية في مسرحية "ألسوق السوداء " لعلي أحمد باكثير: دراسة أدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilman, Ely Chafidatul (2017) العناصر الداخلية في مسرحية "ألسوق السوداء " لعلي أحمد باكثير: دراسة أدبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang penulis Arab yang terlahir di Indonesia. Beliau sangat mahir dalam menulis karya sastra salah satunya adalah drama yang berjudul As-suq As-sauda’. DramaAs-suq As-sauda’karya Ali Ahmad Bakatsir berisi tentang seorang perwakilan rakyat (kolonial prancis) yang picik dan menyalah gunakan jabatannya untuk kepentingannya sendiri. dia bekerja sama dengan masyou de kay untuk menimbun gandum lalu menjualnya ke pasar gelap dengan harga sepuluh kali lipat. namun ia memfitnah seorang kepala komisi pertolongan tunis yang menggelapkan gandum tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik dalam dramaAs-suq As-sauda’karya Ali Ahmad Bakatsir? meliputi a.Tema, b.Tokoh dan Penokohan, c.Plot, d.Setting dan e. Amanah. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan teks drama tersebut sebagai sumber datanya. Adapun data dari penelitian ini adalah percakapan yang mengindikasikan adanya unsur intrinsik dalam drama. Data diperoleh dengan cara dokumentasi dan penelitian kepustakaan yang terkait dengan teori unsur intrinsik dan drama As-suq As-sauda’karya Ali Ahmad Bakatsir. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam dramaAs-suq As-sauda’karya Ali Ahmad Bakatsir. Drama ini bertemakan politik tentang penimbunan gandum yang di jual di pasar gelap dengan harga yang lebih mahal. Tokoh utama dalam drama ini adalah mukhtar, ka’ak, dan perwakilan rakyat. Adapun tokoh pembantu adalah mahmud (makelar), masyudi kayih, sekertaris umum. Plot dalam drama ini adalah maju karena menceritakan dari awal sampai akhir kisahnya secara urut dan berakhir dengan kesedihan. Setting tempat berada kantor kementrian dan di depan mahkama tentara . Setting waktu pada jam kerja (09.00-16.00 ). Setting suasana pada masa itu telah terjadi banyak bencana di daerah Tunis, dan mengalami banyak korbang meninggal karena kelaparan. Adapun pesan yang terkandung dalam drama ini adalah saling tolong menolong, jadilah pemimpin yang amanat, tidak pantang menyerah dalam menegakkan kebenaran.

Kata Kunci: Ali Ahmad Bakatsir, Drama, Unsur Intrinsik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilman, Ely Chafidatulelyilma155@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan
Keywords: Ali Ahmad Bakatsir; drama; unsur intrinsik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: ILMAN ELY CHAFIDATUL
Date Deposited: 02 Aug 2017 07:44
Last Modified: 02 Aug 2017 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18085

Actions (login required)

View Item View Item