Pengaruh penerapan ICT (Information Communication & Technology) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI kelas VIII di SMP Proklamasi Balongbendo

Sahrul, Arifin (2012) Pengaruh penerapan ICT (Information Communication & Technology) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI kelas VIII di SMP Proklamasi Balongbendo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembangunan di Indonesia sekaligus menjadi amanat yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Dan prosesnya adalah melalui pendidikan. Namun kenyataan berkata lain, banyak fakta yang menjukkan bahwa pendidikan nasional kita belum berhasil, bahkan moral bangsa Indonesia sebagai bangsa timur yang penuh dengan sopan santun kini dipertanyakan. Sementara disisi yang lain, perkembangan teknologi utamanya IC (Information Communication & Technology) semakin hari bertambah pesat. Ide kemudian dimunculkan untuk menerapkan JCT (Information Communication & Technology) dalam pendidikan. Berharap dapat menjadi solusi bagi masalah-maslah pendidikan sekaligus pendukung bagi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dalam penelitian ini dibahas beberapa masalah, yaitu: I) Bagaimana penerapan JCT (Information Communication & Technology) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Proklamasi Balongbendo? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Proklamasi Balongbendo? 3) Adakah pengaruh penerapan ICT (Information Communication & Technology) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI kelas VIII di SMP Proklamasi Balongbendo? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Proklamasi Balongbendo yang terletak di Desa Suwal kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo. Dari keseluruhan populasi sekolah, peneliti mengambil sampel penelitian kelas VIII B sebagai purposive sampling. Hipotesis yang peniliti ajukan adalah hipotesis nihil untuk dibuktikan kebenarannya. Dan untuk mendapatkan data peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Kemudian data yang didapat disajikan dan dianalisis secara statistik. Dari data yang diperoleh, setelah dilakukan analisis ternyata membuktikan bahwa penerapan ICT (Information Communication & Technology) pada bidang studi PAI ternyata membawa pengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Proklamasi Balongbendo. Dari penelitian ini, ada rekomendasi bagi pendidik di SMP Proklamasi khususnya dan semua pelaku pendidikan pada umumnya untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan penggunaan media belajar yang tep terlebih lagi penggunaan media ICT (Information Communication & Technology) baik secara offline maupun online. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang PAI, bukan hanya pandai dalam materi tetapi juga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abitolkha, Amir Maliki
Uncontrolled Keywords: penerapan ICT; prestasi belajar; bidang studi PAi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Teknologi
Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2017 03:06
Last Modified: 02 Aug 2017 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18039

Actions (login required)

View Item View Item