تطوير نصوص مادة مهارة القراءة باستخدام الموضوعات المستوعبة للثقافة المحلية: البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب اللغة العربية في الصف الثالث الثانوي بمعهد البستان السلفي للبنات سومبر فافان فامكاسان مادورا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainal Abidin, Gufron (2017) تطوير نصوص مادة مهارة القراءة باستخدام الموضوعات المستوعبة للثقافة المحلية: البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب اللغة العربية في الصف الثالث الثانوي بمعهد البستان السلفي للبنات سومبر فافان فامكاسان مادورا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (604kB)

Abstract

Peneliti mengamati masalah ini saat mengajar Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al- Bustan Al-Salafi Sumber Papan Pamkasan Madura, dan terletak masalah ini dalam kesulitan siswi untuk membaca teks-teks yang tidak menggunakan tema-tema Budaya lokal Pamekasan. Peneliti mencoba untuk merancang yang terinspirasi dari tema-tema budaya lokal, dalam penyusunan ini terdiri dari tiga masalah, pertama bagaimana proses analisis teks-teks materi dan proses pengembangan keterampilan membaca dalam kitab Bahasa Arab kelas tiga Aliyah dari sisi budaya khususnya budaya lokal, disamping itu mengetahui seberapa efektif penggunaan teks-teks yang berbicara tentang tempat wisata religius di Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis teks materi dan pengembangan keterampilan membaca dalam kitab Bahasa Arab kelas tiga Aliyah dari sisi budaya khususnya budaya lokal, disamping mengetahui seberapa efektif penggunaan teks-teks yang berbicara teks yang berbicara tengtang tempat wisata religius di Pamekasan. Penelitian ini mengunakan Research and Development yang dibantu dengan eksperimental, dan menggunakan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan nilai rata-rata dari hasil tes yang berbeda-beda dalam keterampilan kecepatan dan kelancaran dalam membaca 69,3%, dan keterampilan pemahaman teks-teks 78,1%, dan keterampilan menghubungkan antara dua gagsan 83,3%. Demikian dari hasil tes tersebut memubuktikan bahwa penggunaan tema-tema budaya lokal dalam buku bacaan Bahasa Arab kelas tiga Aliyah sangat efektif dalam pengembangan keterampilan membaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainal Abidin, Gufronaronvictory@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Qira'ah
Uncontrolled Keywords: pengembangan materi PBA; ketrampilan membaca; budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abidin Gufron Zainal
Date Deposited: 02 Aug 2017 05:00
Last Modified: 02 Aug 2017 05:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18017

Actions (login required)

View Item View Item